Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

PW.ST. AGNES, PERAWAN MARTIR.
Bacaan-2 hari ini :
Ibr.5:1-10.
Maz.110:1.2.3.4.
Mrk.2:18-22.

BERPUASA BUKAN UNTUK TERLIHAT LEBIH ROHANI.

Ketika orang-orang Farisi dan ahli Taurat bertanya kepada Yesus :
" Mengapa murid-murid Yohanes dan murid-murid orang Farisi berpuasa, tetapi murid-murid Mu tidak ?"
Inilah yang akan kita bahas tentang arti puasa, yang diinginkan oleh Yesus.
Dengan banyak motivasi yang timbul dalam diri manusia, berpuasa bukan cuma sekedar tidak makan atau minum saja, melainkan motivasi orang adalah untuk memiliki "DAYA LEBIH" dibandingkan dengan orang lain.
Lebih sakti, lebih memiliki kekuatan, lebih punya daya tarik, dan kelebihan macam-macam, malah ingin terlihat lebih rohani, seperti orang-orang Farisi itu.

Motivasi-motivasi seperti itu ingin Yesus koreksi, karena Dia adalah Sabda Kebenaran yang menuntun kita ke dalam kehidupan yang lebih benar.
Sebagai mempelai Allah, dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berpuasa ?
Dengan ungkapan ini, Yesus ingin menunjukkan, bahwa kedekatan relasi dengan Tuhan ( Sang mempelai), yaitu keakraban dan kegembiraan, itulah tujuan utama hidup bersama Tuhan, bukan cuma makan atau minum saja !.... Supaya bila orang berpuasa , berfokus lah hanya kepada Tuhan saja, tidak memiliki motivasi lain-lain.

Maka dijelaskan lebih lanjut :
" Anggur baru bisa mengoyakkan kantong yang lama, sehingga anggur itu dan kantongnya dua-duanya terbuang."

Dengan firman Tuhan hari ini, kita murid Yesus diajak untuk memiliki mindset yang benar, supaya keakraban dengan Tuhan lebih diutamakan bukan cuma sekedar kelihatan lebih rohani saja,
Kejujuran hati, ketulusan hati dan kerendahan hati haruslah kita utamakan, supaya Roh Kudus yang sudah bersemayam di dalam diri kita, bisa lebih berdaya menghasilkan buah Roh bersama karunia-karunia Nya untuk dipakai memuji dan memuliakan Tuhan Yesus.

Ketaatan dan kesalehan Yesus yang tidak memuliakan diriNya sendiri, belajar menjadi taat dari apa yang telah diderita Nya, disempurnakan oleh Allah menjadikan pokok Keselamatan abadi bagi semua orang yang taat kepada Nya, untuk dipanggil menjadi IMAM BESAR OLEH ALLAH.( Ibr.5:1-10).

JADILAH SAHABAT-SAHABAT YESUS DALAM SUKA DAN DUKA.

DOA :
Ya Tuhan Yesus, kami mau menjadi sahabat-sahabat Mu untuk mendampingi Mu dalam kehidupan kami sehari-hari, agar ketika saatnya tiba, kami bisa masuk ke dalam pesta pernikahan yang Kau selenggarakan.
Terima kasih Tuhan Yesus !
Dimuliakanlah NamaMu sekarang dan selama-lamanya.... Amin...🙏❤😀😇.