Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Senin, 8 Oktober 2018.
Bacaan-2 hari ini :
Gal.1:1.6-12. ; Maz.111:1-2.7-9.10c.
Luk.10:25-37.

SIAPAKAH SESAMAKU ?

Dalam Injil hari ini, Luk.10: 25-37, mengisahkan ada ahli kitab yang menanyakan kepada Yesus : Siapakah sesamaku ?
Pada jaman Yesus masyarakat Yahudi dengan ajaran pemimpin Agamanya mengajarkan bahwa sesama manusia adalah teman sebangsa Israel.
Dengan memberikan perumpamaan orang Samaria yang murah hati ini, Yesus menjelaskan dengan tegas pola pikir yang salah di kalangan masyarakat Yahudi ini, sekaligus menegaskan Ajaran Yesus yang berciri universal tentang sesama manusia.
Siapapun manusia, dan apa pun dia, dia adalah sesama ciptaan yang mulia martabatnya, karena dia diciptakan menurut "gambar dan rupa Allah " sendiri.

Kasih kepada Allah dan Kasih kepada sesama manusia adalah hukum "emas", hukum YANG PERTAMA DAN TERUTAMA.
Pemahaman yang benar tentang jati diri manusia akan mempermudah pelayanan kasih kepada sesama sebagai ungkapan nyata kasih kepada Allah.
Malah tulisan Matius berkata : "Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."(Mat.22:40).

Kita murid Yesus diajak mewujudkan "hukum emas" ini dalam hidup keseharian di dalam masyarakat ini dengan belas kasih bila ada beban-beban yang menindih. Ciri hidup Kristiani adalah KASIH yang mampu menembus batas-batas manusiawi.

DOA :
Ya Tuhan Yesus, berilah kami hati yang penuh belas kasihan kepada sesama kami, agar kami sanggup melaksanakan hukum Kasih Mu dengan segenap hati.
Terima kasih Tuhan Yesus Kristus !.....Amin....πŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ