Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Kamis, 13 September 2018.
PW.ST.YOHANES KRISTOSTOMOS, Uskup, Pujangga Gereja.
Bacaan-2 hari ini :
1Kor.8:1b-7.11-13. ; Maz.139:1-3.13-14ab.23-24.
Luk.6:27-38.

MURAH HATI SEPERTI BAPAMU MURAH HATI.

Firman Tuhan hari ini mengajar kita untuk menjadi PENGIKUT KRISTUS SEJATI.
Yang disebut GOLDEN RULE adalah salah satu prinsip moral Kristiani, yang diinspirasi oleh Kotbah Yesus dalam Luk.6:27-38 Injil hari ini. Banyak agama lain juga mengajarkan Golden Rule ini, tetapi mereka merumuskan secara NEGATIF (larangan), misalnya " Jangan melakukan sesuatu yang tidak kamu inginkan orang lain lakukan kepadamu." Rumusan ini lebih mudah diwujudkan, karena kita hanya bersikap PASIF dan DIAM - kita tidak berbuat sesuatu yang jahat terhadap orang lain, kita akan tetap aman.
BERBEDA dengan yang Yesus rumuskan - POSITIF - PERINTAH UNTUK BERBUAT. "Sebagaimana kalian kehendaki orang PERBUAT kepada kalian, demikian pula hendaknya kalian BERBUAT kepada mereka."
Tuhan Yesus mendorong kita murid Nya untuk lebih aktif dan berinisiatif BERBUAT BAIK kepada orang lain. Ini pasti lebih MENANTANG dan untuk mewujudkan BERBUAT BAIK pada orang yang memusuhi kita atau orang yang tidak mungkin membalas kebaikan kita.
Yesus mengingatkan kita KELUAR dari sifat egois untuk kepentingan diri sendiri, yang MASIH PENUH PAMRIH .
YESUS terus menekankan mempraktekkan Golden Rule ini, supaya kita HARUS MURAH HATI, karena BAPA di Surga juga MURAH HATI.

Dengan ber-relasi intim dengan Tuhan, persatuan kita dengan Tuhan, apalagi dengan dorongan Roh Kudus, kita murid Yesus berani MURAH HATI : BERBUAT BAIK, MENGAMPUNI, BERBAGI, MEMBERI DAN MEMBERI.

Dan Yesus hari ini juga menekankan :
Jangan menghakimi orang, maka kalian pun tidak akan dihakimi.
Janganlah menghukum orang, maka kalian pun tidak akan dihukum.

UKURAN YANG KALIAN PAKAI, AKAN DIUKURKAN PULA KEPADAMU.


DOA :
Ya Tuhan Yesus, Urapilah kami dengan Roh Kudus Mu, agar kami berani menghasilkan buah Roh Mu untuk MURAH HATI dan BERBUAT BAIK kepada banyak orang, sehingga kami bukan lagi anak-anak dunia, melainkan kami akan disebut anak-anak Allah Yang Maha RAHIM.
Terima kasih ya Yesus Tuhan kami !
Terpujilah ya BAPA YANG MAHA MURAH HATI..kini, selalu, sekarang dan sepanjang segala abad.....Amin....πŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ