Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Minggu, 9 September 2018.
HARI MINGGU BIASA PEKAN XXIII.
Bacaan-2 hari ini :
Yes.35:4-7a. ; Maz.146.:7-10.
Yak.2:1-5. ; Mrk.7:31-37.

EFFATA ! TERBUKALAH. !!

Hari Minggu ini menjadi special karena firman Tuhan hari ini sangat indah, Tuhan sangat peduli dan sangat menguatkan umat Nya dalam segala kesulitan hidup. Dia datang MENYELAMATKAN !
Bacaan I, dari perjanjian lama, nabi Yesaya menyerukan :
"Kuatkanlah hatimu, Jangan takut ! Ia sendiri datang menyelamatkan kamu ! " (Yes.35: 4)
Diiringi dengan yang buta dicelikkan-Nya, telinga yang tuli dibuka, yang lumpuh melompat seperti rusa, mulut orang bisu Bersorak sorai.(5,6).

Dalam Injil Mrk.7:31-37 dikisahkan Yesus secara detail membuat mujijat pada orang tuli dan gagap, agar terbukalah telinganya untuk mendengarkan Firman Nya, dan terbukalah ikatan lidahnya untuk bisa memuji dan memuliakan Tuhan.
Tersirat dalam kisah ini tujuan Tuhan Yesus membuat mujijat indah kepada umat Nya.
MENDENGARKAN DAN BERBICARA - unsur penting untuk BERKOMUNIKASI DENGAN TUHAN DAN SESAMA untuk hidup damai sejahtera bersama. Tersumbatnya komunikasi membuat banyak kegagalan relasi : perkawinan, persahabatan, persaudaraan, organisasi dan perusahaan bisnis. Rendahnya kemampuan dan ketrampilan dalam mendengarkan orang lain membuat salah pengertian dan salah berbicara, sehingga menghancurkan relasi.
TUHAN YESUS BERKUASA MEMBUKAKAN TELINGA DAN MULUT.
Kebenaran Sabda Nya diwartakan, agar telinga dan mulut yang tersumbat oleh dosa dan masa bodoh dibukakan : EFFATA ! Semua dengan sukacita bisa BERSAKSI memuji KASIH dan KEMULIAAN TUHAN.

Yakobus menulis mengingatkan kita orang beriman :
"Janganlah iman itu kamu Amalkan dengan memandang muka "
Yang kaya kau hormati, yang miskin kau abaikan.
ALLAH memilih orang yang dianggap miskin oleh dunia ini untuk menjadi kaya dalam iman.(Yak.2:1-5).

Indah sekali Firman Tuhan hari ini sungguh mematangkan iman kita untuk berani bertindak seperti yang Yesus teladankan untuk melayani sesama yang memiliki hambatan berkomunikasi menjalin relasi yang benar. Supaya relasi keluarga kita, persaudaraan, pernikahan dan hubungan bisnis kita lancar dan saling memahami apa maksud sesungguhnya , hidup akan lebih bahagia dan menyenangkan. Bisa saling support, saling menolong, berbagi dan memberi.

MENDENGARKAN DAN BERBICARALAH YANG BENAR.


DOA :
Ya Tuhan Yesus, berilah kami Rahmat Mu, agar telinga kami terbuka untuk mendengarkan Firman Mu dan mulut kami terbuka untuk memuji dan menjadi saksi kasih Mu, supaya kami terus setia untuk melayani Mu dan sesama dalam hidup ini.
Kemuliaan kepada Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus, seperti pada permulaan, sekarang dan sepanjang segala abad.....Amin....πŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ