Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Rabu, 8 Agustus 2018.
PW.ST.DOMINIKUS, PENDIRI ORDO OP.
Bacaan-2 hari ini :
Yer.31:1-7. ; Yer.31:10-12ab.13.
Mat.15:21-28.

Hari ini Peringatan Wajib St.Dominikus, pendiri Ordo OP -ordo Praedicatorum - Ordo Pengkotbah.
Dalam masa St.Dominikus, di Eropah banyak sekali paham-paham sesat yang merong-rong iman umat gereja . Demikian juga dalam Injil hari ini Yesus bertemu dengan perempuan Kanaan yang mohon pertolongan sambil menyembah Dia dan menyebut dirinya sebagai "anjing-anjing" yang makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya. Perempuan Kanaan ini sungguh memahami, bahwa ia termasuk dalam domba umat Israel yang hilang, tetapi ia sudah kehilangan imannya karena pengaruh lifestyle kota Tirus dan Sidon yang hidonis dan materialistis.

Dengan bacaan dari nubuat Yeremia 31, Tuhan menginginkan mengumpulkan umat Israel yang terserak untuk bersatu kembali sebagai bangsa pilihan Tuhan.

Maka bila kita merenungkan Firman Tuhan hari ini, kita diajak oleh Yesus untuk sungguh menghargai iman perempuan Kanaan yang kuat semacam ini, yang berani rendah hati, tidak merasa terhina akibat ulahnya sendiri yang kehilangan imannya karena pengaruh dunia / kedagingannya sendiri, sekarang Yesus mengganjari kesembuhan total bagi anaknya yang kerasukan setan dan sangat menderita.

Bagi kita semua orang beriman / orang percaya, hendaknya kita berani rendah hati untuk datang bertobat, keluar dari kesesatan pengaruh dunia, membuka diri bagi rahmat Tuhan yang ditawarkan untuk kembali membangun Israel baru, yaitu membangun Kerajaan Allah.
Kita dipilih dan diutus Nya untuk mewartakan Sabda Nya yang menyelamatkan, supaya banyak "perempuan Kanaan" datang pada Yesus SangJuru Selamat.

St.Dominikus, doakanlah kami !


DOA :
Ya Tuhan Yesus, setiap kali kami tersesat, Engkaulah Sang Gembala Agung yang mencari dan menemukan kami berkat Firman Mu. Sadarkan lah kami agar jangan terlena akan bujukan dunia. Beri kami kerajinan dan ketekunan untuk mempelajari Firman Mu dan melakukannya, supaya kami bisa Kau pilih dan Kau utus untuk mengembangkan Kerajaan Mu di dunia ini.
Terima kasih ya Tuhan Yesus Kristus !.....Amin....πŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ