Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Minggu, 5 Agustus 2018.
Pesta Pentahbisan Basilika Santa Perawan Maria di Roma.
Bacaan-2 hari ini :
Kej.16:2-4.12-15. ; Maz.78:3.4bc.23-25.54.
Ef.4:17.20-24. ; Yoh.6:24-35.

Firman Tuhan hari ini mengajak kita mengubah pola pikiran dari hal-hal yang hanya berfokus pada yang jasmaniah saja, sekarang lebih berfokus pada hal yang rohaniah.
Paulus mengutamakan :
"Kamu harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaan oleh karena nafsu yang menyesatkan, supaya kamu dibarui di dalam roh dan pikiranmu."
"Kenakanlah manusia baru yang telah diciptakan menurut kehendak Allah, untuk hidup dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya."

Dalam bacaan I dikisahkan orang Israel yang sudah dibebaskan Allah dari perbudakan di Mesir, ketika berjalan mengarungi padang pasir menuju tanah yang dijanjikan Tuhan, dalam kelaparan dan kehausan, keluh kesahnya terus berpegang pada manusia lamanya, mereka tidak pernah bersyukur karena Cinta Kasih Allah yang menginginkan mereka menjadi manusia baru untuk hidup baru di tanah perjanjian Allah.

Dalam Injil dikisahkan orang banyak datang mencari Yesus hanya ingin makan kenyang, maka Yesus berkata kepada mereka :" Bekerjalah bukan untuk makanan yang dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal."

Dengan merenungkan firman Tuhan hari ini, mari kita mengubah pola pikir kita orang beriman pengikut Yesus. Sebagai manusia, memang kita tetap membutuhkan kebutuhan yang jasmani, namun dalam mencari kebutuhan jasmani ini, kita sering lupa diri. Pikiran kita berfokus pada hal materi dan jasmani saja : makanan, sandang papan, yang duniawi melulu. Kita lupa pada Tuhan, kita tidak memberi waktu dan tempat untuk Tuhan Sang Pemberi kehidupan manusia dan dunia. Kewajiban iman kita pun kita lupakan. Kita jadi orang yang egois, yang tidak peduli pada ketidak adilan, kita bekerja dengan culas dan bersaing ketat untuk hidup yang saling berusaha mengalahkan orang lain.
Kita tidak mengembangkan Kerajaan Allah, melainkan memalukan dan meruntuhkannya.

Pesan Yesus : Aku lah roti hidup ! Datanglah kepada Ku, kamu tidak akan lapar lagi. Percayalah pada Ku, kamu tidak haus lagi !

Kenakanlah manusia baru, murnikan hati kita, hidup lah dalam kebenaran dan kekudusan, untuk hidup menyerupai Yesus, sehingga Tuhan Yesus bertahta dalam hati kita.
Sebagai roti hidup, Dia lah yang membuat kita hidup.
MAKANLAH TUBUH YESUS AGAR KITA
HIDUP DAN HIDUP KEKAL.

DOA :
Ya Tuhan Yesus, perbaharuilah pola pikir kami, agar kami menjadi manusia baru, seturut kebenaran firman Mu dan hidup dalam kekudusan Mu.
Murnikanlah hati kami, agar kami layak menyambut Tubuh Kristus dalam Sakramen Ekaristi hari ini, sehingga hidup kami menjadi baru, serupa dengan Engkau.
Terima kasih ya Yesus Kristus Tuhan kami, kini dan sepanjang segala masa....Amin....πŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ