Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Selamat pagi teman-2ku terkasih.
Hari ini Rabu tgl.13 Juni 2018.
PESTA ST. ANTONIUS DARI PADUA, PUJANGGA GEREJA.
Bacaan-2 hari ini :
1 Raj.18:20-39. ; Maz.16:1-2a.4-5.8.11.
Mat.5:17-19.

Lewat Injil hari ini Mat.5:17-19, Yesus dengan tegas menyatakan :
"Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.!"

Ahli Taurat dan Orang Farisi berpikir bahwa Yesus ingin meniadakan hukum Taurat. Padahal, Yesus bukan ingin meniadakan, melainkan menggenapinya.
Yesus tahu dan sungguh mengerti cara pikir Ahli Taurat dan Orang Farisi. Mereka cuma membaca dan menghafalkan hukum-2 Tuhan sebagai teori saja. Maka hari ini Yesus dengan tegas menyatakan : hukum Tuhan bukan cuma dibaca dan dipelajari sebagai teori, melainkan harus diwujudkan nyata dalam perbuatan sehari-hari, alias HARUS DIGENAPI !!!
Mereka memisahkan antara teori dan praktek !
Maka yang terjadi, hukum Taurat adalah kata-kata kosong dan mati sebagai kitab saja. Kitab suci sebagai benda mati belaka.
Yesus ingin menggenapi hukum Taurat ini / kitab suci ini, supaya dengan membaca dan mengerti, orang melakukan KEHENDAK ALLAH.
Hukum dan aturan sesuai dengan Kehendak Allah harus dilakukan, karena ini adalah Karya Cinta Kasih Allah supaya manusia dalam aneka karya karitatifnya dengan tulus, lahir sebagai wujud cinta dan pengabdian kepada Allah dan sesama.

Hari ini Yesus mengajar kita merenungkan firman Tuhan, bahwa Firman/Sabda itu bukan kata-kata kosong dan mati, tetapi Firman/Sabda Tuhan itu HIDUP dan MENGHIDUPI kehidupan manusia. Tuhan Yesus membutuhkan kita manusia untuk menjadi pemenuhan Firman-Nya, karena itu kita diutus-Nya dan dipakai-Nya untuk menjadi Garam dan Cahaya dunia, meneladani Dia dalam CINTA KASIH, seperti Dia, melalui penyangkalan diri, memanggul salib, jalan pengorbanan penderitaan. Itulah CARA PEMENUHAN DAN PENGGENAPAN HUKUM TUHAN.

Dengarkanlah Sabda Tuhan
Lakukanlah tugas Perutusan Yesus
Hukum dan aturan Tuhan
Jangan cuma dibaca dan dihafalkan
Tanpa rasa kemanusiaan
Kitab suci akan jadi benda mati,
kosong tanpa isi
Tuhan membutuhkan manusia
Untuk pemenuhan Firman Nya
Menggenapi-Nya sebagai
Tindakkan nyata Cinta Kasih
Pada Tuhan dan sesama.

DOA :
Ya Tuhan Yesus ku, Engkau ingin mewujudkan/menggenapi Cinta Kasih Mu menjadi nyata, yaitu menjadi manusia. Ajarilah kami, melakukan aneka karya pelayanan kasih kepada setiap orang yang menderita dan berkekurangan, supaya Sebagai Sang Firman, kami bisa Kau utus mewujudkan Karya Kasih Mu ini, sehingga ke-Hadiran-Mu nyata. Engkaulah Tuhan Yang Maha Kasih dan Penyayang. Kepada Mu lah, kami bersembah sujud mohon belas kasihan. Tuhan Kasihanilah kami ini ! Kristus, kasihanilah kami ini ! Tuhan, kasihanilah kami !......Amin.....πŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ