Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Selamat pagi teman-2ku terkasih.
Hari ini Minggu tgl 10 Juni 2018.
HARI MINGGU BIASA X.
Bacaan-2 hari ini :
Kej.3:9-15. ; Maz.130:1-8.
2 Kor.4:13-5:1. ; Mrk.3:20-35.

Bila seminggu yang lalu, kita diajar untuk memiliki hati yang suci dan kudus, agar tubuh dan darah Kristus meresapi hidup kita ketika kita komuni dengan penuh iman, sekarang seminggu ke depan, kita diajak untuk menghayati Sabda Tuhan, supaya lewat Sabda Allah , kehendak Allah kita lakukan, sehingga terbentuklah keluarga Allah.
"Barangsiapa melakukan kehendak Allah, dialah saudaraKu laki-laki, dialah saudaraKu perempuan, dialah ibuKu." (35).
Kisah sebelumnya gara-gara ahli Taurat berkata bahwa Yesus kerasukan Beelzebul karena dengan penghulu setan Ia mengusir setan. Ucapan yang jahat inilah menunjukkan kalau para ahli Taurat ini sudah mati hati nuraninya : Memandang dan menerima segala sesuatu yang baik dan benar dari sudut pandang yang salah. Nurani yang mati tidak akan melahirkan hal-hal yang baik dan benar, jika masih ada itu adalah sebuah kesemuan.
Maka kita diajak untuk menyelamatkan "kematian nurani ", agar kita tetap terus memberi ruang dan waktu menghayati membaca, mendengarkan dan merenungkan Sabda Allah untuk merefleksikan dalam tindakan nyata melaksanakan Sabda Allah ini.
Yang paling menakutkan, janganlah "kematian nurani" membuat kita jatuh ke dalam dosa yang tidak terampuni, yaitu menghujat Roh Kudus !

Dalam 2 Kor.4:13-5:1, Paulus menasehati agar tidak tawar hati : "meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari."
"Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal "
"Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman di Surga bagi kita, suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia."

Dengan merenungkan firman Tuhan hari ini kita sungguh diajak mendalami memasuki manusia batiniah kita, belajar yang tak kelihatan untuk memasuki kekekalan, karena cinta kasih Allah yang tidak kelihatan, yaitu Roh Kudus sudah tinggal dan diam dalam diri kita untuk melakukan hal-hal yang baik, sesuai dengan hati nurani kita.

Dengarkanlah Sabda Tuhan
Lakukanlah kehendak Allah
Kita akan menjadi
Keluarga Kerajaan Allah
Hati nurani adalah kediaman Roh Kudus
Lakukan perbuatan baik dengan tulus
Kita menjadi Keluarga Yesus.

DOA :
Ya Tuhan Yesus ku,Β  berilah kami Rahmat Mu, agar kami mau mendengarkan Sabda Mu, kami ingin melakukan kehendak Mu, agar kami bisa menjadi saudara Mu dan menjadi keluarga Mu. Supaya dengan tuntunan Roh Kudus Mu , kami Kau bawa masuk ketempat kediaman abadi Mu untuk memperoleh kehidupan kekal bersama Mu.....Amin....πŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ