Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Selamat pagi teman-2ku terkasih.
Hari ini Sabtu tgl.9 Juni 2018.
Pesta Hati Tersuci SP.Maria
Bacaan-2 hari ini :
2 Tim.4:1-8. ; Maz.71:8-9.14-15ab.16-17.22.
Mrk.12: 38-44.

Dari Injil Mrk.12:38-44, kita mendapat pelajaran :
Ayat 38-40, Yesus mengajar kita berhati-hati, agar cara hidup kita tidak seperti orang ahli Taurat, yang sok saleh, minta dihormati, duduk terdepan, berdoa panjang-panjang, tetapi menelan rumah janda-janda.
Ayat 41-44, Yesus menunjukkan ketulusan janda miskin yang memberi persembahan 2 peser, yang sebenarnya adalah seluruh nafkahnya.

Dalam seminggu ini kita bergelut dengan kekudusan dan kesucian :
* Tubuh dan Darah Kristus yang kudus.
* Hati Yesus yang Mahakudus.
* Hati Tersuci SP. Maria.

Maka firman Tuhan hari ini mengajar kita membandingkan cara hidup beribadah kita. Ahli-ahli Taurat meskipun sudah mengulas dan mengupas Kitab Suci, hidup yang terpampang bukan kesucian dan keagungan, tetapi hidup sekedar pameran diri kesalehan dan kemanisan lahiriah yang dibuat-buat, tanpa arti dan makna kesucian. Mereka memanfaatkan Kitab Suci untuk mendapatkan jabatan dan kehormatan dari sanjungan manusia.
Dilain pihak, hidup janda miskin, meskipun dalam kekurangan, ia hidup di dalam ketulusan hati. Nilai ketulusan memang tidak bisa diukur dalam jumlah banyak atau sedikit, tetapi dalam hal memberi dengan tulus, inikah contoh pemberian janda miskin yang tulus, yang memberikan segala miliknya, seluruh nafkahnya. Harapan hidup untuk hari esok, ia sandarkan hanya kepada Tuhan. Kebanyakan orang, bila memberi adalah memberi dari kelimpahannya bukan dari kekurangannya.
Belajar memberi dalam ketulusan harus dimulai dari hidup dalam kesederhanaan.

Disamping belajar ketulusan hati dalam memberi dari kekurangan, kita diajak merayakan Pesta Hati Tersuci Santa Perawan Maria, dengan mendalami pesan-pesan Paulus dalam 2 Tim.4:1-8, agar kita penuh kesabaran memberi nasehat dan pengajaran. Kuasailah diri dalam segala hal, sabar lah dalam penderitaan. Lakukanlah pekerjaan pemberitaan injil dan tunaikanlah tugas pelayanan.

Sambil merenungkan firman Tuhan hari ini kita bisa berdoa, mohon Bunda Maria mendoakan kita, supaya hati kita pun disucikan oleh Tuhan Yesus dan memiliki ketulusan hati dalam memberi aneka pelayanan dalam hidup sehari-hari.

Tubuh dan Darah Kristus Yang Kudus
Sucikanlah pikiran dan hati kami
Tuluskanlah hati dalam memberi persembahan
Tuluskanlah hati dalam pelayanan
Beritakanlah firman, siap sedialah
Baik atau tidak baik waktunya
Nyatakanlah apa yang salah
Tegorlah dan kasihanilah
Sabar lah dalam penderitaan
Teladanilah kesucian hati
Bunda Maria.

DOA :
Ya Tuhan Yesus ku, karuniailah kami memiliki hati yang tulus, agar segala pelayanan kami boleh kami lakukan dengan segenap kesungguhan hati. Semua pelayanan ini hanya untuk Kemuliaan dan Kekudusan Nama Mu, Yesus Kristus, Tuhan dan Juru Selamat kami....Amin....πŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ