Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Selamat pagi teman-2ku terkasih.
Hari ini Senin Pekan III Paskah tgl.16 April 2018.
Bacaan-2 hari ini :
Kis.6:8-15. ; Maz.119:23-24.26-27.29-30.
Yoh.6:22-29.

Dengan bacaan Injil Yoh.6:22-29, kita diajak melihat, betapa KEHADIRAN YESUS senantiasa menarik perhatian besar kepada banyak pendengar-Nya.
# orang banyak butuh pengajaran hidup dengan lemah lembut yang menyegarkan dan memberi semangat hidup dalam segala kesulitannya.
# orang banyak butuh penyembuhan yang meneguhkan dari segala penyakit.
# orang banyak butuh mengalami pengharapan dalam kehidupan saat ini dan hidup yang akan datang.
Maka setelah Yesus memberi makan 5000 orang , lebih lagi orang banyak mencari-Nya, maka dengan ketegasan-Nya Dia berkata :
"Bekerjalah, bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal, yang akan diberikan Anak Manusia kepadamu ; sebab Dia lah yang disahkan oleh Bapa, Allah, dengan meterai-Nya."
Dan dilanjutkan dengan penjelasan :
"Inilah pekerjaan yang dikehendaki Allah, yaitu hendaklah kamu percaya kepada Dia yang telah diutus Allah."

Pesan pengajaran Yesus ini sungguh menjelaskan arti kehidupan manusia di dunia ini. Dalam kesempatan lain Yesus pernah mengatakan ketika Dia dicobai oleh Iblis di padang gurun saat puasa :
"Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah."(Mat.4:4).
Maka hari ini Firman Tuhan memberi penegasan yang lebih konkrit : "Bekerjalah, bukan untuk makanan yang dapat binasa, melainkan untuk......sampai kehidupan kekal ".
Orang diajak menyadari, bahwa hidup manusia bukan dari kebutuhan kedagingan saja, tapi ada yang lebih penting, yaitu kebutuhan roh.
Manusia bekerja untuk mencukupi kebutuhan daging demi kesejahteraan hidup kedagingannya. Itu hanya menuju kebinasaannya, yaitu kematian kekalnya.
Yang menjadi "kehendak Allah", yaitu percaya kepada Dia yang diutus Allah yaitu Yesus, Sang Sabda yang turun menjadi manusia - Firman Allah !
Artinya kebutuhan roh manusia perlu dipenuhi oleh kesejahteraan roh, yaitu manusia butuh terus dekat dengan Tuhan -Roh Allah yang hidup, yakni Roh Yesus Yang Sudah Bangkit, dan hidup selamanya.
Dekat mesra dengan Tuhan dan setiap hari merenungkan firman Tuhan, sungguh membuat manusia hidup berani mengarungi kehidupan ini dengan segala tantangan dan kesulitan hidup, dengan kekuatan Tuhan, penghiburan Tuhan, kesabaran dan kesetiaan bersama dengan Tuhan.
Inilah Kehendak Tuhan : Kasih, Sukacita dan Damai Sejahtera, yang Tuhan sediakan dalam hidup manusia saat ini, sampai ke-kehidupan kekal bersama dalam Dia Sang Kekekalan.

Kehadiran Yesus sungguh nyata
Derita dan sukacita inilah kehidupan
Hidup bukan dari daging saja
Hidup juga dari roh
Daging cuma kesementaraan
Roh adalah kekekalan
Bekerjalah untuk kesejahteraan roh
Menuju ke-abadian hidup
Hiduplah dekat mesra dengan Tuhan
Renungkan firman Tuhan
Lakukan firman-Nya dalam hidup
Sukacita dan damai sejahteralah
Hidup di dunia ini
Sekarang dan selamanya.

DOA :
Ya Tuhan Yesus, Engkaulah firman Allah yang hidup. Firman yang menghidupkan ! Memberi kekuatan, penghiburan, menyegarkan dan menyemangati. Berilah kami Rahmat Mu ya Yesus, kami mau selalu dekat dengan Engkau, Mencintai Mu dan tinggal di dalam Engkau, agar Kasih, Sukacita dan Damai Sejahtera dari Mu tinggal di dalam hidup kami. Terima kasih Tuhan Yesus .....Amin....πŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ