Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Selamat pagi teman-2ku terkasih.
Hari ini Sabtu tgl.10 Maret 2018.
Bacaan-2 hari ini :
Hos.6:1-6. ; Maz.51:3-4.18-21b.
Luk.18:9-14.

Seperti biasa Sabtu adalah penutupan tema minggu Prapaskah ke-3, di mana Injil hari ini Luk.18:9-14, Yesus mengajar kita, bahwa kita hendaknya bertobat, karena pertobatan adalah pintu untuk menuju keselamatan dalam Yesus. Sekaligus kerendahhatian adalah jalan kebenaran untuk mengalami keselamatan.
Dalam Injil ini dikisahkan tentang orang Farisi dan pemungut cukai ketika mereka berdoa di dalam bait Allah.
Orang Farisi dalam berdoa menunjukkan dirinya sebagai orang benar di hadapan Allah, yang sangat saleh dan bahkan mengkritik doa pemungut cukai sebagai orang berdosa. Ia menyombongkan diri menunjukkan kebaikannya kepada Tuhan dalam melakukan hukum Tuhan.
Pemungut cukai dalam berdoa, berdiri jauh-jauh, tidak berani menengadah ke langit, melainkan memukul diri dan berdoa : Ya Allah, kasihanilah aku orang berdosa ini.
Yesus menyatakan : doa pemungut cukai inilah doa yang dibenarkan Allah, sedangkan orang Farisi tidak.
"Sebab barangsiapa meninggikan diri akan direndahkan, dan barangsiapa merendahkan diri akan ditinggikan."

Dalam bacaan dari nabi Hosea 6, kerendahan hati diungkapkan dengan lebih indah :
"Sebab Aku menyukai kasih setia, dan bukan korban sembelihan, dan menyukai pengenalan akan Allah, lebih dari pada korban-korban bakaran."(Hos.6:6).

Juga dengan Mazmur 51, ungkapan sama indahnya, dan ditambahi :
"Korban sembelihan kepada Allah ialah jiwa yang hancur ; hati yang patah dan remuk tidak akan Kau pandang hina, ya Allah."(Maz.51:19).

Firman Tuhan hari ini mengajak kita murid Yesus, jangan takut datang kepada Tuhan Sang Pengasih Jiwa. Jangan takut bertobat ! Tuhan sungguh ingin menyucikan tubuh, jiwa dan roh manusia, agar kita manusia bisa tetap bersatu dengan Dia di dalam kekekalan, sebagai anak-anak Allah.

TUBUHMU ADALAH BAIT ALLAH
SUCIKANLAH TUBUHMU
MEKIPUN HATIMU
PATAH DAN REMUK
JIWAMU
HANCUR
TUHAN TIDAK MEMANDANG
HINA.

DOA. :
Ya Tuhan Yesus ku, kami mau datang ke dalam pelukan Kasih Mu. Engkau tidak pernah memandang kami hina, meskipun jiwa kami hancur dan hati kami patah remuk akibat dosa-dosaΒ  dan kesalahan kami. Berilah kami Rahmat Mu dan Urapan Roh Kudus Mu, agar kami bisa berdiri lagi dalam keinsafan / kesadaran bertobat kepada Mu, untuk hidup suci, tubuh jiwa dan roh, supaya Engkau berkenan kepada kami, anak-anak Allah Yang Maha Kudus.....Amin.....πŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ