Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Selamat pagi teman-2ku terkasih.
Hari ini Selasa tgl.6 Maret 2018.
Bacaan-2 hari ini :
T.Dan.3:25.34-43.
Maz.25:4b.5b.6.7c.8-9.
Mat.18:21-35.

Pendewasaan iman bila tidak dibarengi dengan pengampunan tidak akan mencapai kerukunan dalam hidup bersama. Untuk mencapai hidup harmonis/rukun damai sejahtera, dalam Injil hari ini Yesus ingin menunjukkan, bahwa pengampunan harus dilakukan terus menerus sepanjang hidup, bukan dibatasi dengan berapa kali orang harus mengampuni. Dengan menunjukkan, bahwa raja itu menghapuskan hutang hambanya itu 10 ribu talenta, menunjukkan nilai hutang itu tak terhingga besarnya. Berarti Tuhan sungguh berbelas kasih kepada umat-Nya, Dia senantiasa bersedia mengampuni umat-Nya.
Kita umat-Nya pun di ajak untuk hidup yang penuh pengampunan. Karena pengampunan sangat membantu orang yang diampuni agar ia bebas dari perasaan bersalah. Pengampunan mempunyai daya pengaruh yang besar bagi perkembangan diri dan hidup orang lain.
Pengampunan menuntut hati yang terbuka untuk menerima kehadiran orang yang pernah menyakiti dan merugikan kita.
Memang kita mengalami kesulitan dalam mengampuni secara total, tetapi firman Tuhan hari ini mengajak kita betapa ruginya dan celakalah kita bila kita tidak mau mengampuni orang lain : "Maka marahlah tuannya itu dan menyerahkannya kepada algojo-algojo, sampai ia melunaskan seluruh hutangnya." Sampai kapan lunasnya, karena hutangnya besar sekali !
Tuhan sungguh sudah murah hati kepada kita, apakah kita murid Yesus tidak mau belajar murah hati kepada sesama yang sudah menyakiti hati kita ?
"Tuhan itu baik dan benar ; sebab Ia menunjukkan jalan kepada orang yang sesat. Ia membimbing orang-orang yang rendah hati menurut hukum, dan Ia mengajarkan jalan -Nya kepada orang-orang yang rendah hati."
(Maz.25:8-9).

TUBUHMU ADALAH BAIT ALLAH
SUCIKAN TUBUHMU
YESUS
SUDAH MENEBUS DOSA KITA
SEKARANG
KITA MENGAMPUNI
SESAMA KITA.

DOA. :
Ya Tuhan Yesus ku, Engkau lah Pengampun Agung, Engkau sangat Murah Hati. Berilah kami Rahmat Mu, agar kami pun di masa Prapaskah ini membuka hati untuk mengampuni sesama kami yang sudah menyakiti hati kami. Kami mau bertobat, kami ingin hidup suci, agar dalam mengampuni, hidup kami pun memiliki kelegaan dan kami bisa hidup lebih rukun damai sejahtera. Terima kasih ya Tuhan yang sangat mengasihi kami, kini dan sepanjang masa....Amin....πŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ