Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Selamat pagi teman-2ku terkasih.
Hari ini Minggu tgl.4 Maret 2018.
HARI MINGGU PRAPASKAH KE-III.
Bacaan-2 hari ini :
Kel.20:1-17. ; Maz.19:8-11 ; 1 Kor.1:22-25.
Yoh.2: 13-22.

Minggu Prapaskah ke-3 ini, gereja mengajak kita umatnya untuk tetap setia melakukan pantang dan puasa serta lebih focus pada menyucikan diri, bahwa tubuh kita adalah Bait Allah, Bait Suci, rumah tempat tinggalnya Tuhan Yesus.
Dalam Injil hari ini Yoh.2: 13-22 mengisahkan Yesus sungguh tidak suka Bait Allah dikotori sebagai pasar, orang berjual beli binatang korban :domba, kambing, burung merpati. Banyak pedagang bertransaksi, dan uang penukar terus mengalir.
Dengan mengobrak-abrik meja-meja dan mengusir para pedagang ini, Yesus ingin menunjukkan, bahwa Bait Allah- Rumah Tuhan ini harus dijaga kesuciannya, jangan dikotori dengan berbagai transaksi: jual beli tawar menawar, cari untung rugi. Di dalam Rumah Tuhan yang harus terjadi adalah untuk tempat berdoa kepada Tuhan. Berdoa dengan khusuk, pikiran, perasaan, kehendak, jiwa, dan roh, terpusat kepada Tuhan saja, sehingga doanya murni, tulus, bersih dan orang lebih suci, tidak kecampuran berbagai maksud dan tujuannya.
Dengan mengatakan : "Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali .", Yesus mau memaksudkan, bahwa Bait Allah itu adalah tubuh-Nya sendiri. Dia mati dikubur, selama 3 hari dan bangkit hidup kembali.

Sebagai murid-2 Yesus, Kristus telah tinggal dan diam di dalam tubuh kita. Maka untuk menjaga tubuh kita suci, bersih, murni, tulus, kita diingatkan kembali dengan 10 perintah Allah yang diturunkan oleh Allah kepada Musa ( Kel.20 : 1-17), agar di masa minggu Prapaskah ke-3 ini, kita jangan lupa akan perintah-2 ini. Dunia sering mengajar manusia untuk kompromi tentang 10 perintah Allah ini. Yang sebenarnya sudah titik. Tapi masih diberi koma.
Misalnya : JANGAN MEMBUNUH.
Dunia mengatakan : Jangan membunuh, asal orang orang itu jahat.
JANGAN MENCURI.
Dunia membolehkan mencuri, asal untuk menolong orang lain.....dsb.

Hari ini Firman Tuhan sungguh mengajak kita bertobat, renungkan Sabda Allah ini.
KRISTUS ADALAH KEKUATAN ALLAH
DAN HIKMAT ALLAH.(1 Kor.1:24b)

TUBUHMU ADALAH BAIT ALLAH
SUCIKAN TUBUHMU
KRISTUS
KEKUATAN ALLAH
HIKMAT ALLAH.

DOA. :
Ya Tuhan Yesus ku, Engkau Kekuatan kami. Engkau menganugerahi hikmat kepada kami. Berilah kami Rahmat Mu, agar lewat kekuatan dan hikmat Mu, kami bisa menjalani masa pantang puasa ini untuk mencapai Paskah sesungguhnya yaitu kebangkitan kami bersama Kristus....Amin....πŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ