Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Selamat pagi teman-2ku terkasih.
Hari ini Jumat tgl.2 Maret 2018.
Bacaan-2 hari ini :
Kej.37:3-4.12.13.17-28. ; Maz.105:16-21.
Mat.21:33-43.45-46.

Bukan cuma kekayaan saja yang membuat orang serakah, tetapi kekuasaan atau wewenang yang lebih membuat orang serakah dan iri hati !
Injil hari ini Mat.21 33-43.45-46, panjang ceritanya, ini ingin menunjukkan kenapa orang Farisi dan Ahli Taurat sudah digelapkan oleh kekuasaan dan wewenang jadi serakah dan sangat iri hati kepada Yesus yang Anak tukang kayu. Perumpamaan yang diceritakan oleh Yesus menyakitkan hati mereka. Alih-alih mau bertobat, malah mereka ingin membunuh Yesus. Menunjukkan kebenaran itu memang tidak mudah diterima, karena orang lebih cenderung mengukuhi kebenaran subjektif.
Yesus ingin menyatakan, bahwa Allah pemilik Kebun Anggur yang sudah menyediakan segala sesuatu agar pemilik bisa menikmati hasilnya.
Kebun anggur itu adalah umat-Nya.
Penggarap kebun anggur adalah pemimpin agama yang ditugaskan mengembangkan umat-Nya.
Mengapa para hamba pemilik kebun anggur/ para nabi yang datang selalu ditolak dan bahkan dibunuh oleh para penggarap/pemimpin agama ? Akhirnya anak pemilik kebun anggur/Yesus pun sampai ingin mereka bunuh ?
"Aku berkata kepadamu, bahwa Kerajaan Allah akan diambil dari padamu dan akan diberikan kepada suatu bangsa yang akan menghasilkan buah Kerajaan itu."
Itulah perbuatan pemimpin agama (orang Farisi dan Ahli Taurat), yang membunuh dan menyalibkan Yesus, Putra Allah.

Keserakahan dan iri hati sudah melatarbelakangi cerita Yusuf, anak bungsu Yakub, yang sangat dibenci oleh saudara-saudaranya yang iri hati. Yusuf sebetulnya ingin dibunuh, tetapi akhirnya dijual sebagai budak ke MESIR (Kej.37:3-4.12.13.17-28).
Tetapi akhirnya cerita ini ditutup oleh Mazmur 105 dengan :
"Saat firman-Nya sudah genap, dan janji Tuhan membenarkannya.
Raja menyuruh melepaskannya, penguasa bangsa-bangsa membebaskannya.
Dijadikannya dia tuan atas istananya, dan kuasa atas segala harta kepunyaannya."
(Maz.105:19-21).

Merenungkan firman Tuhan hari ini, kita diajak untuk melihat kehidupan kita sendiri, agar kita lebih bijaksana menggunakan kekayaan, kekuasaan, wewenang yang sudah Tuhan percayakan kepada kita; jangan sampai membuat kita menjadi serakah, iri hati, dengki, mengorbankan sesama, bahkan sampai membunuh sesama kita.
"KERAJAAN ALLAH AKAN DIAMBIL DARI PADAMU "

TAATILAH SABDA TUHAN
DENGARKANLAH DIA
HIDUP INI
ADALAH ANUGERAH
KEMBANGKAN
KERAJAAN
TUHAN.

DOA. :
Ya Tuhan Yesus ku, Engkaulah yang menciptakan dunia ini. Mengapakah kami begitu sombong dan serakah untuk menguasai dunia ini dengan segala isinya ? Tolonglah kami ya Tuhan ! Ampunilah segala kesombongan dan keserakahan kami, ampunilah kami ya Tuhan. Berikanlah Rahmat Mu dan sadarkanlah kami oleh Urapan Roh Kudus Mu, agar kami Kau pakai untuk mengembangkan Kerajaan Mu, memberitakan Injil Mu, sehingga terjadilah Kerajaan Mu di dunia ini, seperti di dalam Surga.
Pakailah kami, Utuslah kami .....Amin....πŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ