Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Selamat pagi teman-2ku terkasih.
Hari ini Rabu tgl.28 Pebr.2018.
Bacaan-2 hari ini :
Yer.18:18-20. ; Maz.31 :5-6.14.15-16.
Mat.20:17-28.

Hari ini Yesus menawarkan minuman kepada kita semua : "Dapatkah kamu meminum cawan yang harus Kuminum ?"
Seperti anak-anak Zebedeus - Yohanes dan Yakobus-, mereka langsung menyanggupi : Kami dapat !
Cawan Yesus ini bukan cawan biasa.! Manusia pada umumnya suka dan sungguh suka meminum cawan kehormatan, padahal tawaran cawan Yesus itu adalah tawaran penderitaan ! Menderita diolok-olok, dihina, tidak dihargai, tidak dihormati, bahkan yang paling dalam adalah dianiaya sampai disiksa didera dan dibunuh !
Sebagai pengikut Yesus, murid-2 Yesus, Dia sekarang menunjukkan :
"Barangsiapa ingin menjadi besar diantara kamu, hendaknya ia menjadi pelayanmu ; barangsiapa ingin menjadi terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hambamu."
"Sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang." (Mat.20 :26-28)

Bukankah cawan Yesus ini sungguh berbeda dengan cawan kehormatan dunia ?
Semua orang lebih suka dilayani/dihormati, ingin jadi bos/tuan. Tetapi Yesus mengajari semua manusia, terutama pengikut-Nya, untuk melayani satu dengan yang lain.
Sadar atau tidak sadar, bila orang hidup dalam mengasihi, orang itu pasti mau melayani orang yang dikasihinya, bahkan mau berkorban bagi orang yang dikasihinya.
Apalagi Tuhan ! Dia-lah Sumber Kasih ! Dia mengasihi umatNya, Dia datang melayani umatNya. Dia datang bukan untuk minta dilayani, tetapi Dia datang untuk melayani.

Sebagai murid Yesus falsafah ini harus merasuk di dalam hati sanubari kita untuk melayani semua orang tanpa pandang bulu. Melayani dengan tulus tanpa pamrih , tidak butuh dihormati atau dihargai.

Beranilah kita bermazmur :
"Ke dalam tangan-Mu lah kuserahkan nyawaku ; Engkau membebaskan aku, ya Tuhan, Allah yang setia."
"Masa hidupku ada dalam tangan-Mu, lepaskanlah aku dari tangan musuh-musuhku dan orang-orang yang mengejar aku !"
(Maz.31: 6.16).

Cawan Yesus-cawan penderitaan adalah panggilan dan Perutusan cinta kasih. Kita diajak bersulang meminum cawan Yesus, agar kita memiliki BUKAN Kekuasaan duniawi, melainkan Kekuasaan Surgawi, hidup penuh Cinta Kasih mau berkorban, berani menghadapi tantangan kesulitan dan penderitaan, bahkan beresiko kehilangan nyawa.
Kita mau menjadi yang terkemuka, karena kita mau menjadi hamba, dan mau menjadi pelayan bagi orang lain.
TAATILAH SABDA TUHAN
DENGARKANLAH DIA
MINUMLAH
CAWAN YESUS
JADILAH
HAMBA DAN PELAYAN
YESUS.

DOA. :
Ya Tuhan Yesus ku, Engkau datang ke dunia bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani, bahkan untuk menyerahkan nyawa Mu untuk menjadi tebusan bagi banyak orang.
Kami sangat mencintai dan mengasihi Engkau ya Yesus Tuhan kami. Kami mau menjadi hamba Mu dan kami mau melayani Engkau sepanjang hidup kami. Engkaulah kehidupan kami. Kami memuliakan Engkau sekarang, kini dan sepanjang masa....Amin...πŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ