Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Selamat pagi teman-2ku terkasih.
Hari ini Senin tgl. 26 Pebr.2018.
Bacaan-2 hari ini:
Dan.9 :4b-10. ; Maz.79: 8-9.11.13.
Luk.6:36-38.

Tuhan Yesus memang ingin kita semua manusia berani berubah untuk memiliki martabat ke-Ilahian, supaya semua manusia menjadi anak-anak Allah yang memiliki sifat-sifat Allah.
Hari ini dalam Injil Luk.6: 36-38, Yesus mengajak kita murid-2Nya memiliki sifat Yesus, sifat Bapa, yaitu MURAH HATI.
Dalam arti lebih dalam/ lebih luas, murah hati itu wujudnya adalah murah pengampunan, suka mengampuni. Dan yang lebih jelas (dalam hal yang materi) adalah suka memberi ! Karena begitu kita manusia suka memberi, Tuhan Allah akan memberi dan memberi terus sampai berkelimpahan.(karena sifat Tuhan memang terus memberi dan memberi).
Sifat Murah Hati inilah yang membuat Tuhan memerintahkan supaya kita JANGAN MENGHAKIMI ! Karena bila kita menghakimi, kita pun akan dihakimi !
Dalam sifat MURAH HATI, kita pun diperintah supaya JANGAN MENGHUKUM ! Karena kita pun akan dihukum !

Banyak orang masih suka berdalih : Aku kan tidak bersalah, mengapa aku yang harus minta maaf ? Minta maaf, sebenarnya bukan berarti kita yang bersalah duluan, juga bukan berarti orang lain itu yang benar, tetapi Tuhan Yesus ingin mengajak kita berani mengungkapkan, bahwa kita ingin hidup berdamai, agar relasi kita bersama itu kembali baik ! MENGAMPUNI ITU memang sulit dilaksanakan, karena orang selalu memposisikan dirinya sebagai orang yang benar, dan orang lain yang salah.
Yesus paham psikologi bahwa ego manusia itu tinggi/kuat. Maka untuk MENGAMPUNI sungguh dibutuhkan KEMURAHAN HATI !
Siapakah di antara kita yang mau mendengarkan Suara Sabda-Nya "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, dengarkanlah Dia " dan mau menuruti perintah-Nya ?
Orang yang sudah melihat Penampakkan Tuhan, dalam arti : sungguh merasakan dikasihi Tuhan, dan mengalami hidup baru dalam Roh, dan masuk menjadi manusia baru, sehingga orang ini sudah diubahkan oleh Yesus menjadi manusia yang sudah dianugerahi Roh Kudus ( manusia yang di-Ilahikan ), dan di dalam dirinya memiliki sifat MURAH HATI, mudah mengampuni, murah memberi, sabar, tidak pendendam, bahkan suka melakukan kebaikan-2 kepada sesama/ orang lain.
Dengan suka mengampuni, orang juga sebenarnya ingin membebaskan diri dari ikatan-ikatan/belenggu dosa dirinya sendiri. Orang yang masih dalam belenggu dosa, orang masih hidup di dalam kegelapan. Dalam kegelapan pastilah hidupnya tidak nyaman penuh penderitaan, hidup yang berbeban berat, penuh kebencian, iri hati, dendam, marah, pada akhirnya menghantarkan ke dalam kehancuran diri/kebinasaan.

Firman Tuhan hari ini sungguh menggugah hidup kita, agar kita hidup menjadi BERKAT ; suatu takaran yang baik dan dipadatkan, yang digoncangkan dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu.

TAATILAH SABDA TUHAN
DENGARKANLAH DIA
MURAH HATILAH
AMPUNILAH
JANGAN MENGHAKIMI
JANGAN MENGHUKUM
BERILAH
KAMU AKAN DIBERI
BERKATMU
BERKELIMPAHAN.

DOA. :
Ya Tuhan Yesus ku, kami mau mendengarkan Sabda Mu, kami mau taat akan perintah Mu. Berilah kami Rahmat Mu dan Urapan Roh Kudus Mu, agar kami bisa memiliki MURAH HATI seperti Engkau yang selalu MURAH HATI terus mengampuni segala kesalahan dan dosa kami, asal kami juga mau terus bertobat dan bertobat. Sadarkanlah kamiΒ  untuk mengampuni dan berani minta ampun kepada sesama kami. Dengan demikian masa puasa dan pantang kami bisa kami hayati di Prapaskah ini. Terpujilah Yesus Tuhan Juru Selamat kami, kini dan sepanjang masa....Amin....πŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ