Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Selamat pagi teman-2ku terkasih.
Hari ini Sabtu tgl.24 Pebr.2018.
Bacaan-2 hari ini :
Ul.26:16-19. ; Maz.119:1-2.4-5.7-8.
Mat.5:43-48.

Sebagai penutup Firman Tuhan seminggu ini, Yesus menyerukan : "Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di Surga adalah sempurna.". Maka Injil hari ini Mat.5:43-48, kepada semua murid Yesus, Dia mengatakan :
"Kamu sudah mendengar firman :Kasihilah sesama manusia dan bencilah musuhku. Tetapi Aku berkata kepadamu :Kasihilah musuhku dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu."
Sebagai orang Yahudi, bangsa pilihan Tuhan, mereka menafsirkan hukum Taurat "mengasihi sesama " sebagai "mengasihi sesama bangsa sendiri", mengasihi sesama orang Yahudi saja. Bangsa-2 lain di sekitarnya adalah bangsa kafir, yang suka memusuhi orang Israel, tidak perlu dikasihi. Bangsa lain selalu memerangi mereka, mengganggu mereka, membenci mereka, melawan mereka. Normal bila mereka mengatakan : Kasihi sesamamu dan bencilah musuhku."
Yesus menjelaskan dengan indah :"Bapamu yang di Surga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang benar dan orang yang tidak benar, apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu ?
Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian ?"

Dalam kitab Ulangan 26: 16-19, janji Tuhan Allah menyatakan : bila engkau menurut jalan yang ditunjukkan Tuhan, dan berpegang pada ketetapan, perintah serta peraturan-Nya, dan mendengarkan suara-Nya, Ia akan pun akan mengangkat engkau di atas segala bangsa yang telah dijadikan-Nya, untuk menjadi terpuji, ternama dan terhormat. Maka engkau akan menjadi umat yang kudus bagi Tuhan, Allahmu, seperti yang dijanjikan-Nya."

Di sini (di Ul.26:19) : engkau akan menjadi "UMAT YANG KUDUS" bagi Tuhan.
Di Mat.5:48 " haruslah kamu "SEMPURNA", sama seperti Bapamu yang di Surga adalah "SEMPURNA".
Hari ini Firman Tuhan mengajak kita semua murid Yesus untuk menjadi MANUSIA YANG KUDUS DAN SEMPURNA.

Sebagai murid Yesus, kita sudah dibekali/dianugerahi Roh Kudus. Dalam Roh Kudus kita disadarkan untuk memperbaharui pola pikir, perasaan, kehendak dan perbuatan, mau berubah menjadi Manusia Baru. Oleh Firman Yesus, kita diajar bukan sekedar untuk melakukan hal-hal yang cuma logis saja, yang secara nalar saja, melainkan Yesus mengajar kita melakukan hal-hal diluar batas nalar dan logika manusia. YESUS mau/ingin martabat kita sebagai manusia ditinggikan, bukan cuma sekedar manusia biasa, tetapi YESUS ingin MENG-ILAHIKAN MANUSIA !
Sifat-sifat Ilahi adalah seperti sifat Allah sendiri :
KASIH - SUKACITA - DAMAI SEJAHTERA -
MURAH HATI - MENGAMPUNI -
KEBAIKAN - KESETIAAN -
KELEMAH-LEMBUTAN -
RENDAH HATI -
PENGUASAAN DIRI.
Luar biasa Cinta Kasih Allah yang mewujudkan Diri-Nya menjadi manusia, dengan nama YESUS ! Figur Yesus inilah yang harus kita teladani, agar kita mampu hidup seperti yesus-yesus di dunia , manusia-manusia yang di-Ilahikan supaya menjadi anak-anak Allah : kudus dan sempurna seperti Bapa-Nya yang di Surga sempurna ...

AIR BAPTISAN MEMBERI HIDUP BARU
HIDUPLAH DALAM
ROH KUDUS
SUPAYA
MENJADI ANAK-ANAK
ALLAH
KUDUS SEMPURNA.

DOA. :
Ya Tuhan Yesus ku, Engkau adalah Anak Manusia, Putra Allah. Engkau ingin meninggikan martabat kami. Berilah kami Rahmat Mu, dan Urapilah kami dengan Roh Kudus Mu, agar kami setia menuruti Firman Mu, menjalankan perintah Mu dan taat melakukan ajaran-2 Mu, sehingga  perilaku dan perbuatan  kami Kau lingkupi dalam kekudusan Mu dan Kau jadikan kami anak-anak Mu, anak-anak Allah , warga negera Kerajaan Allah, kini dan sepanjang masa....Amin....🙏🏾😍😇😃