Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Selamat pagi teman-2ku terkasih.
Hari ini Kamis tgl.22 Pebr.2018.
Pesta Tahta Suci St. Petrus, Rasul.
Bacaan-2 hari ini :
1 Ptr.5:1-4. ; Maz.23:1-6.
Mat.16:13-19.

Hari ini kita semua murid Yesus merayakan Pesta Tahta Suci St.Petrus, Rasul.
Mengacu pada Firman Tuhan hari, dalam Injil Mat.16:13-19, Yesus Sang Sabda yang
menunjukkan jawaban Petrus ketika berkata :
"Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup !" , sehingga Yesus berkata kepada Petrus : "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus, sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di surga.". Lewat ucapan inilah kita murid sungguh mengimani Yesus adalah Mesias, Anak Allah yang hidup.!
Maka bila sekarang kita sebagai jemaat Yesus, Sang Sabda lah yang menunjuk Petrus dengan berkata :"Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Surga. Apa yang kau ikat di dunia ini akan terikat di surga, dan apa yang kau lepaskan di dunia ini akan terlepas di surga."
Bila kita sungguh mengimani Yesus, Juru Selamat Dunia, dan mengimani Yesus Sang Sabda Kehidupan, kita akan sungguh BAHAGIA, hidup rukun dalam Jemaat Yesus dalam Gereja-Nya yang Dia dirikan diatas batu karang, dan alam maut tidak akan menguasainya !

Yesus adalah GEMBALA AGUNG seluruh umat manusia. Petrus lah yang meneruskan penggembalaan jemaat Yesus dalam gereja awal. Inilah surat gembala pertama Petrus untuk jemaat awalnya :
"Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan suka rela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri."
"Janganlah kamu berbuat seolah-olah kamu mau memerintah atas mereka yang dipercayakan kepadamu, tetapi hendaklah kamu menjadi teladan bagi kawanan domba itu." (1 Ptr.5:2.3.)

Dengan mengikuti penggembalaan Yesus Sang Gembala Agung, lewat Mazmur 23, kita bisa menutupnya dengan ;
" Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku ; dan aku akan diam dalam rumah Tuhan sepanjang masa."

Dengan merayakan Pesta Tahta Suci St. Petrus ini, kita juga menghormati Petrus sebagai wakil Kristus dan Gembala tertinggi Gereja yang mempunyai kuasa rohani atas segenap anggota gereja dan semua gereja setempat.
Kuasa Petrus itu sering di sebut juga Primat Petrus. Kita juga merayakan martabat kepausan. Gereja Katolik menegaskan keyakinannya bahwa Paus adalah "hamba dari para hamba Allah" atau "Servus Servorum Dei ".
Kita sungguh bersyukur atas karunia dan Rahmat Tuhan kepada Gereja. Kita mau berdoa secara khusus bagi Paus kita Paus Franciscus, agar Beliau sungguh menjadi Gembala yang baik, wakil Kristus yang melakukan pekerjaan Kristus di dunia ini, sehingga Gereja Katolik sungguh menjadi Gereja yang Satu, Kudus, Katolik dan Apostolik, dan melalui Gereja Kristus, kerahiman Allah tampak nyata dan menjadi berkat bagi seluruh dunia.

PETRUS
DI ATAS BATU KARANG INI
KUDIRIKAN JEMAAT KU
ALAM MAUT
TIDAK AKAN
MENGUASAINYA.

DOA. :
Ya Tuhan Yesus ku, Engkau lah Gembala Agung kami. Engkau lah yang mendirikan Gereja Mu kokoh kuat di atas batu karang, maut pun tidak bisa menguasainya. Dengan Rahmat Mu yang kudus, kami akan tetap setia kepada Mu Tuhan dan Juru Selamat kami. Dan kami juga tetap setia kepada Gereja Mu : Gereja yang Satu, Kudus, Katolik dan Apostolik, sehingga lewat Gereja Mu inilah Rahmat dan Karunia Mu tersalur keseluruh umat manusia....kini dan sepanjang masa.....Amin....πŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ