Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Selamat pagi teman-2ku terkasih.
Hari ini Sabtu tgl.17 Pebr.2018.
Pesta Ketujuh Saudara Suci, Pendiri Ordo Hamba-hamba Maria (Ordo Sevit).
Bacaan-2 hari ini :
Yes.58:9b-14. ; Maz.86:1-6.
Luk.5:27-32.

Dalam masa Prapaskah hari ke-3 ini, Firman Tuhan mengajak kita kepertobatan yang hakiki, yang seperti misi Yesus sendiri :
"Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, tetapi orang berdosa, supaya mereka bertobat !" (Luk.5:32).
Dalam Injil hari ini Luk.5:27-32, sungguh singkat, tetapi mengisahkan hidup panggilan manusia menuju kepada Tuhan itu sudah benar atau merasa paling benar atau malah cenderung menghakimi orang berdosa ?
Kita diajak merenungkan lebih dalam hidup ke-beragamaan kita.
#kita orang yang sungguh paling tahu dan paling benar melakukan hukum Tuhan...seperti orang Farisi dan Ahli Taurat.
#kita orang berdosa, koruptor, penghianat negara....seperti Lewi pemungut cukai.
# kita orang banyak yang suka menghakimi orang berdosa, menyingkiri pemungut cukai.

Dalam ke-beragamaan, kita diajak merenungkan kisah di atas tadi, "Apa respon atau tanggapan kita tentang keberadaan sesama, yang kita anggap berdosa atau bersalah ?
Yesus hari ini mengajak kita bersikap seperti DIA : menyapa, dan memberi pembebasan kepada orang berdosa. Bahkan ikut dalam perjamuan orang berdosa, para pemungut cukai.

Sebagai orang berdosa, apakah kita bisa menanggapi undangan Yesus kedalam rumah kita ? Apakah kita bisa berani seperti Lewi, langsung berdiri, meninggalkan segala sesuatu dan mengikuti Yesus ? Atau kita masih menunda, tidak berani mengikuti Dia secara penuh ? Atau kita belum bisa meninggalkan hidup lama kita ?

Firman Tuhan dalam Yesaya 58: 9b-12, bacalah pelan-2 dan hayati :
"Terangmu akan terbit dalam gelap dan kegelapanmu akan seperti rembang tengah hari."
"Engkau akan seperti taman yang diairi dengan baik dan seperti mata air yang tidak pernah mengecewakan."(Yes. 58:10b.11b.).

Firman Tuhan hari ini dapat kita simpulkan, Yesus lah Sang Pembebas orang berdosa. DIA lah Sang Maha Rahim, Sang Pengampun. Datanglah, DIA mengundang kita. Masuklah ke dalam pelukan kasihNya, agar kita merasakan hidup dan hidup dalam kelimpahanNya.

HATI YANG LEMBUT TERGERAKLAH
OLEH BELAS KASIHAN
YESUS DATANG
MEMANGGIL
BUKAN UNTUK ORANG BENAR
MELAINKAN
UNTUK ORANG BERDOSA.

DOA. :
Ya Tuhan Yesus ku, Engkau lah Allah yang mewujudkan diri sebagai manusia. Di dalam Engkaulah, kami sebagai orang berdosa, yang adalah debu belaka, Kau inginkan kami berani datang ke dalam pelukan Kasih Mu, untuk meninggikan martabat kami sebagai anak-anak kesayangan Mu. Terima kasih Ya Tuhan Allah kami. Kami mau datang kepada Mu, kami mau bertobat kepada Mu . Thank you Lord !!!.....Amin...πŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ