Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Selamat pagi teman-2ku terkasih.
Hari ini Kamis tgl.15 Pebr.2018.
Pesta St.Klaudius de la Combiere.
Bacaan-2 hari ini :
Ul.30:15-20. ; Maz.1:1-4.6.
Luk.9:22-25.

Begitu kita memasuki Prapaskah, gereja dengan bacaan-2 Firman Tuhan hari ini mengajak semua pengikut Yesus untuk membuat komitmen baru.
Lewat kitab Ulangan Ul.30:19-20, Musa berkata : "Aku memanggil langit dan bumi menjadi saksi terhadap kamu pada hari ini : kepadamu kuperhadapkan kehidupan dan kematian, berkat dan kutuk. Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu, dengan mengasihi Tuhan, Allah-mu, mendengarkan suara-Nya dan berpaut pada-Nya, sebab hal itu berarti hidupmu dan lanjut umurmu untuk tinggal di tamah yang dijanjikan Tuhan...."
Dan lewat Injil hari ini Luk.9: 23, setiap pengikut Yesus harus memiliki kualitas hidup seorang murid Kristus :
"Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku."
Diberi penjelasan lebih lanjut : Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya ; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan menyelamatkannya. Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia, tetapi ia membinasakan atau merugikan dirinya sendiri ?

Inilah tantangan besar untuk memperoleh kemenangan hidup dalam masa pertobatan Prapaskah 40 hari ini.
Memang sejak awal ketika kita mengikuti Yesus sebagai murid-2Nya, Yesus sudah memberikan kesadaran lewat Roh Kudus untuk tinggal di dalam diri kita. Sadar, bahwa mengikuti Yesus tidak boleh setengah hati, atau masih memberi batasan tentang hal-hal yang menguntungkan dan menyenangkan yang cocok dan enak dengan diri kita sendiri. Tetapi, mengikuti Yesus HARUS MENYANGKAL DIRI.
Di jaman now ini, Yesus tetap mengajak semua yang percaya untuk menomer-satukan kehendak Tuhan, BUKAN kehendak/kesenangan diri sendiri. "MENYANGKAL DIRI" berarti melepaskan ego diri/kepentingan sendiri. "MEMANGGUL SALIB SETIAP HARI " berarti menerima semua segala beban derita atau aniaya demi kesetiaan pada Yesus Kristus.

Tantangan hidup ini tidak bisa manusia hadapi dengan kekuatan sendiri. Butuh campur tangan Tuhan, butuh Rahmat Tuhan, butuh Urapan Roh Kudus, agar kita murid Yesus memintanya dalam doa diiringi pantang dan puasa, supaya kita mampu mengikuti Yesus sebagai murid-Nya yang berkualitas dan berkomitmen kuat.

HATI YANG LEMBUT TERGERAKLAH
OLEH BELAS KASIHAN
BERSAMA YESUS
MENYANGKAL DIRI
MEMANGGUL SALIB
SETIAP HARI.

DOA. :
Ya Tuhan Yesus ku, memasuki Prapaskah Engkau mengingatkan kami untuk menyangkal diri, dan memanggul salib kami setiap hari. Berilah kami Rahmat Mu dan Urapan Roh Kudus Mu, agar bersama Mu kami bisa sungguh menjadi murid-2 Mu yangΒ  berkualitas, yang siap Kau panggil dan Kau utus mengembangkan Kerajaan Mu dan memberitakan InjilMu. Sertailah kami ya Yesus Tuhan kami....Amin....πŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ