Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Selamat pagi teman-2ku terkasih.
Hari ini Minggu tgl. 11 Pebr.2018.
Pesta Bunda Maria Menampakkan Diri di Lourdes.
Bacaan-2 hari ini :
Im.1-2.45-46. ; Maz.32:1-2.5-11.
1 Kor.10:31-11:1. ; Mrk.1:40-45.

Hari Minggu selalu kita mulai dengan tema baru. Dengan bacaan Injil hari ini, Yesus tergerak hatinya dengan mentahirkan orang berpenyakit kusta.
Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata : "Aku mau, jadilah engkau tahir !"
Penyakit kusta itu bukan sekedar membutuhkan penyembuhan, melainkan pentahiran !
Dari bacaan 1 dari kitab Imamat 13:1-2.45-46, secara ringkas, bahwa penyakit kusta tidak disembuhkan, sangat menular. Maka imam yang menyatakan orang itu najis, dipandang sangat berdosa, dikucilkan dari hidup bermasyarakat, tidak boleh mendekat dalam keramaian. Berpakaian compang camping, rambut terurai menutup muka, dan berseru:najis, najis, supaya orang lain minggir.
Wah...penyakitnya akan semakin parah akibat pengaruh psikologis dan sosial yang tidak bersahabat.
Tindakkan Yesus sungguh bijaksana, setelah ditahirkan, orang itu diperingatkan dengan keras, pergi ke imam perlihatkan diri dan memberi persembahan seperti yang diajar oleh Musa, sebagai bukti sehat.
Orang kusta adalah orang sangat berdosa. Hanya Tuhan yang bisa mengampuni dosa orang. Maka harus mempersembahkan korban ini lewat imam, supaya orang jadi suci dan bisa berkumpul kembali dalam masyarakat.

Dengan Firman Tuhan minggu ini kita diajak sadar, kita manusia berdosa, kita hendaknya dengan rendah hati berani mengakui segala dosa dan kesalahan kita. Kita berani datang kepada Yesus, Tuhan kita, mohon pengampunan, agar Yesus-lah yang menyucikan dan menguduskan diri kita, supaya kita bisa tetap bersatu di dalam persekutuan umat gereja yang aktif, guyub dan rukun, penuh cinta kasih.
Belas kasih Allah memancar dari Yesus, agar kita murid-2Nya juga memiliki hati yang peka, mudah TERGERAK oleh belas kasihan, dan sungguh berani mengakui dosa dan kesalahan kepada Tuhan dan sesama.
Inilah Mazmur hari ini :
"Dosa-dosaku kuungkapkan kepada-Mu dan kesalahanku tidak lah kusembunyikan ; maka Engkau mengampuni kesalahanku."
" Bersukacitalah dalam Tuhan !" Bersorak gembiralah, hai, orang-orang jujur !" (Maz.32 : 5a.11).

HATI YANG LEMBUT TERGERAKLAH
OLEH BELAS KASIHAN
AKUILAH DOSAMU
TUHANLAH
YANG MENGAMPUNI
DAN
MENYUCIKAN KITA.

DOA. :
Ya Tuhan Yesus ku, ampunilah segala dosa dan kesalahan kami. Dengan pertolongan Rahmat Mu, berilah kami kerendahan hati untuk bisa saling mengampuni dosa dan kesalahan kami , agar sebagai umat gereja Mu, kami bisa hidup rukun, guyub, saling menghormati dan saling membantu, supaya kami sungguh menjadi anak-anak Tuhan yang mencintai Tuhan dan sesama selama-lamanya.....Amin....πŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ