Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Selamat pagi teman-2ku terkasih.
Hari ini Jumat tgl.2 Pebr.2018.
Pesta Yesus Dipersembahkan di Kenisah.
Bacaan-2 hari ini :
Mal.3:1-4. ; Maz.24: 7-10.
Ibrn.2:14-18. ; Luk.2: 22-40.

Dulu Pesta Yesus Dipersembahkan di Kenisah dirayakan seperti hari Minggu. Karena ada kuota aturan libur dari pemerintah, gereja merayakan secara intern saja. Sepantasnya kita murid Yesus merayakan Pesta besar ini untuk menanggapi, bahwa Gereja sungguh menunjukkan Yesus yang Anak Manusia dipersembahkan kepada Allah, dan kita manusia juga sama-sama anak-anak manusia, sepantasnya kita juga mempersembahkan diri kita, hidup kita seutuhnya, sepenuhnya kepada Allah Sang Pencipta Alam Semesta.
Kisah Injil Luk.2: 22-40, jadi menarik karena Bayi Yesus ketika dipersembahkan ke Kenisah oleh kedua orang-tuanya, Yosef dan Maria, Allah membawa 2 orang nabi Simeon dan Hana dalam urapan Roh Kudus bertemu dengan Sang Mesias. Simeon menyambut Anak itu dan menatang-Nya sambil memuji Allah. Sepertinya Simeon melihat kehadiran Allah di dalam diri Bayi ini : " Sekarang Tuhan, biarkanlah hamba-Mu ini pergi dalam damai sejahtera, sesuai dengan firman-Mu, sebab mataku telah melihat keselamatan yang dari pada-Mu, yang telah Engkau sediakan di hadapan segala bangsa, yaitu terang yang menjadi pernyataan bagi bangsa-bangsa lain dan menjadi kemuliaan bagi umat-Mu Israel."
Nabi perempuan Hana, yang tidak pernah meninggalkan Bait Allah dan siang malam beribadah dengan berpuasa dan berdoa, datang juga ke situ dan mengucap syukur kepada Allah dan berbicara tentang Anak itu kepada semua orang yang menantikan pelepasan untuk Yerusalem.
Peristiwa penting inilah yang membuat Gereja semesta mengajak umat setiap hari mendaraskan Kidung Maria / Magnificat (pagi) dan Kidung Simeon (malam) di dalam doa harian /brevier. DOA-doa harian inilah yang menyatukan kita anak-anak manusia dengan Anak Tunggal Allah /Anak Manusia, dalam penyerahan diri sepanjang hidupnya setiap hari. Penyertaan Tuhan / Immanuel, sungguh kita imani.

Kisah Injil ini didukung dengan bacaan kitab nubuat Maleakhi 3:1-4, Tuhan sungguh datang. Siapa yang dapat tahan akan hari kedatangan-Nya ? Dan siapakah yang dapat tetap berdiri, apabila Ia menampakkan diri ? Sebab Ia seperti api tukang pemurnian logam dan seperti sabun tukang penatu.
Dan dijelaskan oleh Paulus di dalam suratnya kepada orang Ibrani : " Sesungguhnya, inilah Aku dan anak-anak yang telah diberikan Allah kepada Ku. Karena anak-anak itu adalah anak-anak dari darah dan daging, maka Ia juga menjadi sama dengan mereka dan mendapat bagian dalam keadaan mereka, supaya oleh kematian-Nya Ia memusnahkan dia, yaitu Iblis, yang berkuasa atas maut; dan supaya dengan jalan demikian Ia membebaskan mereka yang seumur hidupnya berada dalam perhambaan oleh karena takutnya kepada maut." (Ibr.2:13b.14. 15.).

Firman Tuhan hari mengajar kita, bila Yesus sendiri Anak Manusia, dipersembahkan kepada Allah, kita yang mau percaya kepada-Nya pun juga sepantasnya dan selayaknya berani mempersembahkan diri/ hidup kita sepenuhnya kepada Yesus Tuhan kita. Yesuslah Sang Penebus yang menyucikan kita akan segala dosa-dosa kita (api pemurni logam dan sabun tukang penatu) dan Yesuslah yang mengalahkan maut, sehingga kita murid Yesus, anak-anak Tuhan dibebaskan dalam perhambaan dosa. Kita tidak takut lagi menghadapi kehidupan ini, tidak takut menghadapi kematian, karena bersama Yesus kita berjalan mengarungi kehidupan ini sampai menuju kedalam kehidupan kekal bersama-sama dengan DIA SANG JURU SELAMAT KITA.

YESUSLAH SANG SABDA
PENUH KUASA
DIALAH JURU SELAMAT
PERSEMBAHKANLAH
HIDUPMU
KEPADANYA
AGAR
SELAMAT SELAMANYA.

DOA. :
Ya Tuhan Yesus ku, Engkaulah Penebus kami, Engkaulah Juru Selamat kami. Penuhilah kami dengan Rahmat Mu, dan Urapilah dengan Roh Kudus Mu setiap hari, agar kami anak-anak-Mu berani mempersembahkan hidup kami sepenuhnya kepada Mu. Dalam doa dan tuntunan Firman Mu, penyertaan-Mu kami imani penuh.Kau bebaskan kami dari kekuatiran dan ketakutan menghadapi hidup ini, karena Engkau-lah Penyelamat, yang memberi kehidupan kekal, kini dan sepanjang masa.....Amin...πŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ