Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Selamat pagi teman-2ku terkasih.
Hari ini Rabu tgl.31 Jan.2018.
Pesta St. Yohanes Bosco. Imam.
Bacaan-2 hari ini :
2 Sam.24:2.9-17.
Maz.32 : 1-2.5.6.7.
Mrk.6:1-6.

Hidup dalam Roh Kudus itu bisa mengubah hidup manusia secara total. Roh Kudus itu juga adalah Roh Kebenaran. Roh Kudus itu juga adalah Roh Allah sendiri. Maka bila kita murid Yesus mau menghayati, bahwa kita sudah menerima Roh Kudus dan DIA sudah tinggal di dalam diri kita, DIA memberi kita kuasa mengusir setan dan menyembuhkan orang sakit. Bila kita masih belum percaya, maka kita masih lebih percaya kepada orang lain, di luar diri kita sendiri, dari pada diri kita dan keluarga dekat kita. Kita merasa belum ada perubahan total di dalam diri kita. Kita masih seperti manusia lama yang hidup dengan cara lama. Padahal Paulus menulis di 2 Kor.17 : " Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru ; yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang."
Kisah Injil hari ini menunjukkan, sehingga Yesus berkata kepada orang banyak : " Seorang Nabi dihormati dimana-mana kecuali di tempat asalnya sendiri, di antara kaum keluarganya dan di rumahnya." Ia merasa heran atas ketidak percayaan mereka.

Sering murid Yesus kelihatannya percaya akan Firman Tuhan, sepertinya mendengarkan Sabda Tuhan, tetapi pertobatannya belum total, sehingga masih keinginannya sendiri yang lebih dominan, dibanding dengan menuruti kehendak Tuhan. Belum percaya akan KEHENDAK TUHAN YANG LEBIH BERKUASA.
Kisah Daud tentang pendaftaran banyaknya orang Israel dan orang Yehuda di 2Sam.24, menceritakan hal ini.
Daud kelihatannya sungguh percaya akan kekuatan Tuhan yang menyertai peperangan orang Israel. Tetapi dalam perhitungan, ternyata orang Israel 8 ratus ribu tentaranya, sedangkan orang Yehuda 5 ratus ribu orang.
Setelah ia menghitung, ia berdebar-debar hatinya. Ia berkata kepada Tuhan " Aku telah sangat berdosa karena melakukan hal ini; maka sekarang, Tuhan, jauhkanlah kiranya kesalahan hamba-Mu, sebab perbuatanku itu bodoh."
Kelihatannya doanya benar, ia mengakui ia bodoh, ia lupa akan kekuatan Tuhan sesungguhnya yang bekerja, ia lebih mempercayai kekuatan dan kepintarannya sendiri dalam berhitung.
Maka ketika nabi Gad memberi Daud 3 permintaan untuk menjawab. Setelah dipikirkan dan dipertimbangkan, Daud memilih permintaan yang ke-2, yaitu : "Maukah engkau melarikan diri tiga bulan lamanya dari hadapan lawanmu, sedang mereka itu mengejar engkau ?".
Egoisme lebih besar. Ia lebih suka memilih rakyatnya tertimpa kelaparan 3 tahun di negerinya, atau ia juga lebih suka memilih negerinya tertimpa 3 hari penyakit sampar.
Doanya masih indah : " Sangat susah hatiku, biarlah kiranya kita jatuh ke dalam tangan Tuhan, sebab besar kasih sayang-Nya ; tetapi janganlah aku jatuh ke dalam tangan manusia."
Akibatnya, pilihan Daud ini membuat 70 ribu orang Israel mati karena penyakit sampar !
Untung Tuhan menghentikan malapetaka ini yang ingin memusnahkan orang Israel.
Daud menyadari kesalahannya, ia mohon ampun dan menyesalkannya : " Sesungguhnya, aku telah berdosa, dan aku telah membuat kesalahan, tetapi domba-domba ini, apakah yang dilakukan mereka ? Biarlah kiranya tangan-Mu menimpa aku dan kaum keluargaku."
Pertobatan yang dalam, dan berani menerima hukuman.
Sungguh contoh teladan orang beriman yang berani bertobat ingin hidup baru, berani menjadi manusia baru, berani menjadi seperti Yesus yang berkurban di atas salib.

Firman Tuhan hari ini, bukan cuma menguatkan dan menegur kita murid Yesus, tetapi kita harus membuat komitment baru yang seperti :
" Aku mau hidup seperti Yesus. Hidupku bukan hidupku lagi, melainkan Kristus-lah yang hidup di dalam diriku."

YESUSLAH SANG SABDA
PENUH KUASA
SABDA TUHAN MENGUBAH
HIDUP KITA
HIDUPLAH DALAM KRISTUS
JADI SAKSI
KEMULIAANNYA.

DOA. :
Ya Tuhan Yesus ku, Engkau lah Sang Sabda, yang mengubah hidup kami menjadi manusia baru, manusia yang Kau Ilahikan. Berilah Rahmat Mu, Urapilah kami dengan Roh Kudus Mu, agar kami Kau ubah menjadi seperti Yesus putera Mu, sehingga kami bisa menjadi teladan bagi orang di sekitar kami, dan mereka percaya tentang Firman Mu yang mengherankan. Kami bukan seperti yang dulu. Kami ini manusia baru dalam Kristus.......Amin....πŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ