Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Selamat pagi teman-2ku terkasih.
Hari ini Minggu 28 Jan.2018.
Pesta St. Thomas Aquinas. Imam & P.Grj.
Bacaan-2 hari ini :
Ul.18:15-20. ; Maz.95:1-2.6-9.
1 Kor.7:32-35.
Mrk.1:21-28.

Lewat bacaan-2 firman Tuhan hari ini kita menemukan tema baru untuk sepanjang minggu ini, yaitu :
YESUS ADALAH SANG SABDA PENUH KUASA.
Dalam Injil dikisahkan, Yesus mengajar di rumah ibadat di Kapernaum. Pengajaran-Nya membuat pendengar takjub dan merasakan kuasa yang merubah hidup menjadi baru. Ada kuasa Allah sendiri yang hadir bukan seperti pengajaran ahli Taurat. Apalagi ketika ada orang yang kerasukan setan ; setan pun mengenali Yesus , Anak Manusia, Anak Allah, dan takut dibinasakan. Dengan penuh wibawa dan kuasa, Yesus menghardik : "Diam, keluarlah dari padanya !"
Ucapan dan pengajaran Yesus yang penuh kuasa inilah yang membuat kita murid Yesus harus kita hayati.

Karena kehadiran Yesus ini sudah dinubuatkan oleh Musa lewat Kitab Ulangan 18:15-20 :" Seorang Nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti Engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya."
Maka dengan menghayati, bahwa Yesuslah Sang Firman Tuhan, kita bisa mengerti bila Paulus menulis kepada umat di Korintus 18: 32-35, bahwa hidup ini adalah panggilan. Ada orang yang dipanggil oleh Tuhan sebagai imam, ada yang dipanggil sebagai suami yang harus merawat dan menyenangkan isteri dan anak-anaknya. Ada yang dipanggil sebagai isteri supaya merawat anak-anaknya dan menyenangkan suaminya. Ada yang yang dipanggil untuk memusatkan perhatian pada perkara-perkara Tuhan, supaya tubuh dan jiwa mereka kudus, seperti biarawan dan biarawati. Dalam segala hal ini , bila kita menghayati panggila hidup kita, Tuhan Yesus Sang Firman inilah yang memberi kita kuasa akan semua panggilan ini, sehingga beban hidup kita masing-2 menjadi lebih berani kita tanggung karena bersama Dia tidak ada yang mustahil. Panggilan kita pun penuh kuasa Tuhan dalam segala pekerjaan yang kita lakukan.

Selain kita bisa tetap memuji dan bersorak sorai bagi kemuliaan Tuhan, kita pun diajak untuk mendengarkan suara Tuhan dengan hati yang lembut, lewat Mazmur 95: 8-9 "Janganlah keras kan hatimu seperti di Meriba, seperti pada hari di Masa di pasang gurun, pada waktu nenek moyangmu mencobai Aku, menguji Aku, padahal mereka melihat perbuatan-Ku".

Menjadi murid Yesus yang sudah mau menghasilkan buah Roh Kudus, kita diajak untuk melembutkan hati mendengarkan Panggilan Yesus dalam hidup kita. Dengarkan, perhatikanlah suara Sang Gembala Agung, bukankah kita adalah kawanan domba peliharaan-Nya ? Kuasa Firman-Nya membuat hidup kita terjadi seperti yang Dia panggil kepada kita.

YESUSLAH SANG SABDA
PENUH KUASA
DENGARKANLAH PANGGILANNYA
JANGAN MENGERASKAN HATI
IKUTILAH
KEHENDAKNYA.

DOA. :
Ya Tuhan Yesus ku, Engkaulah Sang Sabda, sang Gembala Agung. Berilah kami Rahmat Mu ya Tuhan, agar kami bisa mendengarkan Panggilan hidup kami. Dengan kuasa Firman Mu lah kami Kau tuntun untuk melakukan perbuatan-perbuatan ajaib, demi Kemuliaan Nama Mu, kini dan sepanjang masa....Amin....πŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ