Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Rabu, 29 Nopember 2017
Bacaan-2 hari ini :
Dan.5:1-6.13-14.16-17.23-28. ; T.Dan.3:62-67.
Luk.21:12-19.

Masih tentang gambaran akhir jaman yang seram yang menakutkan, banyak peperangan, penyakit, kelaparan dan penganiayaan, orang akan saling membunuh, saling mendakwa, saling mau memenjarakan, apalagi bila kita memakai nama Yesus, kita akan dibenci semua orang. Dalam peristiwa seperti ini nanti, Yesus mengingatkan kita murid-2Nya untuk tetap mempunyai hati yang teguh, berani menghadapi persidangan pengadilan. Yesus memberi penghiburan dan kekuatan :" Hal ini akan memberi kesempatan bagimu untuk bersaksi ! Jangan kalian memikirkan terlebih dahulu pembelaanmu. Aku sendirilah yang akan memberi kata-kata hikmat, sehingga kalian tak dapat ditentang atau dibantah lawan-lawanmu. Tidak sehelai pun rambut kepalaku akan hilang. Kalau kalian tetap bertahan, kalian aka memperoleh hidupmu."
Luar biasa bukan ? Janji Yesus adalah kepastian dan kebenaran. Bila kita berpegang teguh dan memelihara kebenaran Yesus, kita tidak akan mengalami kebinasaan, melainkan akan memperoleh kehidupan kekal.

Dalam kitab Daniel 5 di atas tadi, kita baca Raja Belsyazar, putera Raja Nebukadnezar yang hidupnya bersama pejabat-2 penguasa selalu bermabuk-mabukan dan pesta pora, ketika mendapat penglihatan yang aneh, ada punggung tangan yang menulis di dinding, ia gemetar, pucat, sendi-sendi pangkal pahanya lemas dan lututnya berantukan, gelisah pikiran akan ketakutan yang hebat. Daniel yang penuh hikmat kebijaksanaan dari Allah menuntun raja yang berperilaku buruk ini ke jalan kebenaran, yang akhirnya menyadari kesalahan dan dosa-dosanya, bahkan raja ini berani rendah hati tunduk di hadapan Allah Yang Mahakuasa. Ia memperoleh pencerahan hati dan pikirannya karena bantuan hikmat dari Daniel.

Dihari-hari penutupan tahun liturgi ini, sungguh pantas dan layak, kita semua bersyukur akan aneka pengalaman hidup yang Tuhan anugerahkan setahun ini. Banyak kesalahan dan dosa-dosa kita. Kita mungkin saling menghianati, mungkin saling men-jelek-2kan orang lain. Mari kita sadar akan Daya Roh Kudus yang menginsafkan yang sudah Tuhan Yesus berikan ke dalam diri kita, untuk berani BERTOBAT, setiap hari, menuju kesempurnaan hidup suci dan kudus di hadapan Allah.

RAJAI HIDUP INI
DENGAN HIKMAT KEBIJAKSANAAN
BERTOBAT SETIAP HARI
DENGAN DAYA
ROH KUDUS

DOA:
Ya Tuhan Yesus ku, bukalah hati kami, agar Roh Kudus Mu menginsafkan segala dosa dan kesalahan kami, supaya kami setiap hari berani bertobat menuju kesempurnaan hidup kudus di hadapan Mu. Terima kasih ya Roh Kudus atas segala anugerah Mu yang mendorong kami untuk berbuah dalam hidup kami....Amin...πŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ