Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Minggu, 26 Nopember 2017.
PESTA KRISTUS RAJA SEMESTA ALAM.
Bacaan-2 hari ini:
Yeh.34:11-12.15-17. ; Maz.23:1-3.5-6.
1 Kor.15:20-26a.28. ; Mat.25:31-46.

Hari ini adalah puncak dan sekaligus akhir tahun liturgi gereja. Saya menghayatinya sebagai siklus tahunan bagaimana saya menata hidup, dan hari ini sebagai umat manusia saya harus mempertanggungjawabkan apa yang saya alami setahun ini. Apakah anugerah-2 yang sudah Tuhan berikan sudah saya pergunakan dengan semestinya ?
Hari ini Kristus Raja Semesta Alam, menggelar pengadilan-Nya. Gambaran penghakiman terakhir ditunjukkan lewat Injil Mat.25:31-46 : Otoritas Raja Semesta ini memisahkan secara definitif, orang benar akan masuk ke dalam hidup yang kekal, dan orang terkutuk ke dalam siksaan kekal. Keadilan ini nyata, bukan kerahiman belas kasih.
Paulus menulis dengan indah dalam 1 Kor.15:20-26a.28. "Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-2 yang telah meninggal....Kristus harus memegang pemerintahan sebagai Raja sampai Allah meletakkan semua musuh-Nya di bawah kaki-Nya. Musuh terakhir yang dibinasakan ialah maut ! (1 Kor.20.25-26).
Ayat-2 indah ini sebagai kesimpulan Yesus yang dinobatkan oleh Allah sebagai pemenang yang mengalahkan segala musuh kedagingan manusia yang mengarah ke kebinasaan manusia. Maut sudah dikalahkan. Sekarang Dia-lah Raja di atas segala raja !

Kita sebagai murid-2 Yesus hendaknya kita hidup dalam ketaatan yang dituntun oleh Sang Sabda. "Ketidak-taatan satu orang membawa maut bagi semua orang; sedangkan ketaatan satu orang menghantar semua orang kepada persekutuan dengan Kristus." Kita adalah umat Kristus yang domba-2 peliharaan- Nya, Sang Gembala. Kita dituntun, dijaga, di rawat ketika sakit, dibalut ketika terluka, digendong ketika tidak bisa berjalan, dicari dan ditemukan ketika tersesat ; sungguh kita dipelihara sepanjang hidup kita ini (Yeh.34:11-12.15-17).
Maka sungguh layak dan sepantasnya :
Kita sembah dan kita agungkan

KRISTUS RAJA SEMESTA ALAM
GEMBALA AGUNG
TUNDUK DAN TAATLAH
KEPADANYA.

DOA:
Ya Tuhan Yesus ku, kami mau bermazmur :
"Tuhan adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang. Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku ke jalan yang benar. Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku seumur hidupku ; aku akan diam dalam rumah Tuhan sepanjang masa" (Maz.23:1-3.6).
Terima kasih ya Tuhan Yesus, kami mau tunduk dan taat kepada Mu. Engkau Raja kami. Terpujilah Engkau, Kristus Raja Semesta Alam....Amin..πŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ