Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Jumat, 24 Nopember 2017
Pesta St Andreas Dung Kav, Im dkk Martir.
Bacaan-2 hari ini :
1 Mak.4:36-37.52-59. ; 1Taw.29:10-12d.
Luk.19:45-48.

Hari ini kita diminta dengan sungguh bertanggungjawab :
1. atas tubuh kita sepenuhnya, karena tubuh kita adalah Bait Allah, yang kita peroleh dari Allah, milik Allah sendiri bukan milik kita. Tubuh yang harus kita rawat dan pelihara dengan cermat, bersih, sehat jasmani dan rohani, tak bernoda, tak bercela, agar suci dan kudus untuk bisa dipakai memuliakan Tuhan. Tubuh ini kita persembahkan sebagai persembahan yang kudus bagi Kemuliaan Tuhan.
2. Kita juga diminta bertanggungjawab atas Gereja Tuhan, gedung bangunan tempat umat berkumpul berdoa, memuji Tuhan dan mendengarkan Sabda Tuhan. Ini Rumah Tuhan, tempat anak-2 Tuhan berkumpul. Ini tanggungjawab kita merawat dan memelihara gedung ini : bersih, teratur, peralatannya, perabotannya, segenap ruangan untuk sarana-2 umat dan lain sebagainya.
3. Gereja bukan cuma gedungnya saja, yang lebih penting lagi adalah tata peribadatannya, liturginya. Antara peralatan, perabotan, dan tata peribadatan semua harus sungguh sinkron untuk mewujudkan kesakralan, bahwa Tuhan adalah KUDUS - MULIA - BERKUASA - AGUNG - RAJA DIATAS SEGALA RAJA.
Membangun tubuh manusia saja, Tuhan sungguh sangat cermat dan sempurna. Maka kita manusia yang membangun gedung dan menata peribadatan juga harus sungguh cermat sempurna sampai ke-detail-2 menunjukkan keindahan, keagungan dan kekudusan bagi Allah.

Lewat bacaan kitab Makabe, kita sungguh memahami betapa umat Israel membangun bait Allah yang indah, semua peralatan dilapisi dengan emas dan perak, dan mezbah korban bakaran yang sudah dinodai najis dan nista dibongkar, dibuat baru. Semua baru dan dikuduskan, dan perayaan pentahbisan mezbah berlansung penuh sukacita sampai 8 hari lamanya (Mak. 4:52-59).

Maka sekarang kita murid Yesus harus bertanggung jawab penuh akan GEREJA , yang satu, kudus, katolik dan apostolik, mengakui satu pembaptisan akan penghapusan dosa, dan menantikan kebangkitan orang mati dan hidup di akhirat.
Apakah ketika mengikuti misa, kita masih mau ngobrol-2 hal yang sia-sia?. Masih mau main HP terus ? Hendaknya seluruh jiwa-raga dan-roh kita persembahkan kepada Tuhan. Konsentrasi pada seluruh peribadatan misa kudus, nyanyian dan doa-2 dan mendengarkan Sabda Tuhan, sebagai wujud kehadiran kita bertemu dan tinggal bersatu bersama Tuhan (komunio).

TANGGUNGJAWAB KITA :
MEMELIHARA TUBUH - JIWA - ROH
GEREJA YANG SATU
KUDUS - KATOLIK - APOSTOLIK.

DOA. :
Ya Tuhan Yesus ku, Engkau sangat mencintai kami anak-2 Mu. Bantulah kami, dengan pertolongan Rahmat Mu, dan Urapan Roh Kudus Mu, kami dapat memelihara tubuh jiwa dan roh kami, sebagai persembahan yang kudus, tak bercela, demi Kemuliaan Nama Mu. Terima kasih ya Tuhan Yesus....Amin...πŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ