Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Rabu, 22 Nop. 2017.
Bacaan-2 hari ini :
2 Mak.7:1.20-31. ; Luk.19:11-28.

Kelihatannya lewat dua bacaan hari ini, sabda Tuhan mau menekankan, bahwa mempertanggungjawabkan iman kita kepada Tuhan ini sungguh teramat penting dalam kehidupan kita.

Dari injil hari ini, yang senada dengan Injil hari minggu kemarin, kita diajak untuk mempertanggungjawabkan iman kita mulai dari hal-hal yang kecil hingga ke hal-hal yang besar. Dengan bacaan kitab 2 Makabe 7 : 1. 20-31, kita malah dipertunjukkan seberapa kuat iman kita yang harus kita tanggung : seorang ibu dengan 7 orang anaknya disiksa oleh Raja Antiokhus dengan bengis memaksa mereka melanggar hukum Taurat yang yang sudah dianut sejak nenek moyangnya. Satu persatu mereka disiksa dengan kejam, tetapi masing-2 tetap tegar dan setia kepada Allah, dengan tenang mengakhiri hidupnya dengan tanpa cela.

Dari sini, betapa iman kita sejak kecil harus kita pertumbuhkan. Iman harus sungguh hidup. Iman harus menjadi dasar harapan kita akan nilai hidup sejati. Ini adalah anugerah Allah bagi manusia. Partisipasi dan tanggungjawab manusia dituntut agar iman ini harus berbuah di dalam kehidupan nyata.

Betapa hebatnya ibu ini !! Setiap kali dia menguatkan anaknya, mempompakan cinta kasih Allah yang menakjubkan saat penciptaan seorang manusia di dalam kandungan ibunya.

Iman itu membuka hati dan pikiran manusia untuk melihat kehendak Allah dibalik setiap peristiwa, entah yang menyenangkan atau yang menyedihkan, mungkin yang paling sakit dan gelap pekat, iman ini bisa menerangi hidup seperti ini. Iman ini memaknai setiap perjumpaan dengan sesama dan sesama ciptaan yang lain. Iman ini meneguhkan dan mengokohkan manusia untuk lebih sadar akan jati diri manusia, untuk senantiasa rendah hati berani mengakui kebesaran dan kebijaksanaan Allah di dalam kehidupan ini.

Mulai dari yang kecil, Tuhan akan menambahkan tanggungjawab ini keperkara-perkara yang lebih besar. Apakah kita hari ini sudah berani menerima tanggungjawab yang lebih besar ?
Cobaan dan godaan adalah bagian kehidupan setiap manusia. Hadapilah, jangan takut ! Bersama Tuhan Yesus kita hadapi. Bila kita setia mempertanggungjawabkan semua anugerah-Nya, Tuhan pasti lebih setia lagi kepada kita.

SETIA MEMPERTANGGUNGJAWABKAN,
TUHAN AKAN LEBIH SETIA LAGI
MEMBERI KEPERCAYAAN
YANG LEBIH BESAR.

DOA:
Ya Tuhan Yesus ku, bila kami mencintai Engkau, Engkau lebih dahulu mencintai kami. Bila kami mau setia kepada Mu, Engkau lebih lagi setia kepada kami. Terpujilah Engkau ya Yesus Tuhan kami ! Tiada Tuhan yang seperti Engkau !
Kami sungguh mencintai Engkau !!......Amin....πŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ