Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Selasa, 21 Nopember 2017
Pesta St. Maria Dipersembahkan kepada Allah.
Bacaan-2 hari ini:
2 Mak.6:18-31. ; Maz.3:2-7. ; Luk.19:1-10.

Kemarin kita merenungkan "Anugerah Iman yang paling harus dipertanggungjawabkan".
Hari ini lewat Injil Luk.19:1-10, kita tahu Zakheus kepala pemungut cukai yang kaya, dalam pencarian nilai hidupnya merasakan, bahwa harta kekayaannya tidak membawa kepuasan, kebahagiaan dan ketenangan damai dalam hidupnya. Bukankah banyak orang seperti Zakheus ini ? Mencari dan mencari terus.....Begitu Yesus yang berada di bawah pohon mendongak keatas menyapa dia yang sedang diatas pohon, "Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku mau menumpang di rumahmu !". Ia segera turun dan menerima Yesus dengan sukacita. Kerinduan dan harapan hati Zakheus tercapai dalam perjumpaan dengan Yesus. Sukacitanya besar, hatinya ber-bunga-bunga, nilai hidupnya ditemukan. Ia mengalami kehidupan baru ! Bagi dia harta kekayaan yang melimpah tidak berarti lagi. Makna hidupnya berganti baru : dulu serakah dan mengambil kekayaan orang lain, sekarang ia sungguh rela dan tulus mau berbagi dan memberi untuk mensejahterakan banyak orang lain yang menderita. Ia sekarang memahami makna hidup yang benar, bahwa harta kekayaan itu adalah sarana, bukan tujuan hidup yang sebenarnya.

Di bacaan kitab 2 Makabe 6 : 18-31, Eleazar ahli Taurat yang utama yang sudah berusia 90 th, sungguh setia memelihara hukum Taurat dan hidupnya diabdikan kepada Tuhan sungguh hati. Ia rela disiksa dan dibunuh karena memegang prinsip dan nilai hidup yang bermakna dan bermartabat di hadapan Tuhan. Ia menolak memakan daging babi dan daging korban yang tak halal. Bisa saja sebenarnya kalau dia mau berpura-pura saja dan tidak menelan makanan itu untuk menghindar dari hukuman mati dari titan raja. Bagi Eleazar, ia ingin meninggalkan kematiannya sebagai "teladan keluhuran budi dan peringatan kebajikan, tidak hanya bagi kaum muda saja, tetapi juga bagi kebanyakan orang dari bangsanya ( 2 Mak.6:31)".

Dari kedua bacaan hari ini, kita diteguhkan: anugerah harta kekayaan (Zakheus), dan anugerah keluhuran martabat dan kebajikan (Eleazar), kita pertanggungjawabkan dengan teguh di hadapan Tuhan Yang Maha Kuasa. Pergumulan hidup manusia diwarnai dengan aneka peristiwa, pengalaman derita (Eleazar) dan perjumpaan sukacita (Zakheus), Tuhan senantiasa berjalan bersama kita dalam proses menemukan Tuhan Sang Sumber Kehidupan Alam Semesta.

BILA BERANI BERTANGGUNGJAWAB,
AKAN MEMPEROLEH HIDUP KEKAL.

DOA:
Ya Tuhan Yesus ku, harta dan kekayaan itu adalah sarana untuk kami hidup, tetapi bukan jadi tujuan hidup kami. Engkau sudah menetapkan tujuan hidup kami sejak kami lahir, adalah untuk bersatu dengan Engkau di dalam Kekekalan Abadi di Rumah Bapa.
Berjalanlah bersama kami ya Yesus Tuhan kami, tuntun dan pegang tangan kami, kini dan selama-lamanya....Amin...πŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ