Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Minggu, 19 Nopember 2017
Bacaan-2 hari ini :
Ams.31:10-13.19-20.30-31. ; Maz.128:1-5.
1 Tes.5:1-6. ; Mat.25: 14-30.

Setelah seminggu yang lalu kita sudah memahami belajar hidup bijaksana, minggu ini kita belajar tema baru yaitu :
SEMUA ANUGERAH TUHAN HARUS
KITA PERTANGGUNG-JAWABKAN.

Dimulai dari hari ini, hari Minggu ini, Yesus sudah menegaskan, semua manusia diberi anugerah dari Allah : akal budi, kepintaran, bakat-2, dan lain sebagainya, karena dipercayakan kepadanya sebagai penerus mengembangkan alam semesta yan luas tidak terkira. Manusia yang cuma diciptakan dari debu tanah, yang dihembusi oleh nafas Allah, akan setiap kali disempurnakan keberadaannya.

Dengan aneka karunia dan talenta untuk semakin menjadi gambar Allah. Maka Allah pastilah mau memakai mahluk ciptaanNya yang sangat dicintai dan dikasihiNya untuk berpartisipasi aktif, agar anugerah-2 kecil atau besar bisa terus dikembangkan berlipat ganda , sehingga melimpah. Luar biasanya, Allah tetap konsisten menghargai kebebasan manusia. Tetapi tetap meminta pertanggung-jawaban manusia atas apa yang sudah diterimanya.

Dengan bisa mengembangkan aneka anugerah dan karunia Allah, manusia akan sungguh mewujudkan Gambar Allah yang tidak kelihatan menjadi kelihatan. Menjadi "Yesus" anak Allah, yang bertindak jujur, bijaksana, adil, dan rendah hati,menjadi orang hidup benar di hadapan Allah.

Maka bila kita hubungkan dengan Injil Matius 25 tadi yang berisi Kotbah tentang akhir jaman, sekarang kita memahami, sesungguhnya kita semua manusia ingin dijadikan Mempelai Allah.

Sebagai Mempelai Allah, kita harus mendandani diri "cakap", "lebih berharga daripada permata", "hati suaminya percaya kepadanya ", "suaminya tidak akan kekurangan keuntungan", "rajin bekerja, terampil segala pekerjaan tangannya", "memberikan tangannya pada yang tertindas, dan menolong orang yang miskin ", "bukan kemolekan dan kecantikan yang utama, tetapi yang takut akan Tuhan", inilah mempelai yang dipuji-puji dan disambut di pintu gerbang. (Bacaan 1, Ams.31)
Juga lagu Mazmur 128: 1-5 "Berbahagialah orang yang mendiami Rumah Tuhan."

Mari kita mempersiapkan diri untuk menjadi Mempelai Tuhan, agar bisa mendiami Rumah Tuhan..

DOA:
Ya Tuhan Yesus ku, kami siap sedia menjadi Mempelai Mu di pintu gerbang Rumah Mu. Berilah kami RahmatMu, dan Urapilah kami dengan Roh KudusMu, agar kami sungguh mengembangkan segala karunia dan anugerah daripada-Mu bisa berlipat ganda melimpah, sebagai pujian dan persembahan bagi Kemuliaan Mu dan Cinta-Kasih kami kepada Mu, kini dan sepanjang masa. Terima kasih ya Tuhanku....Amin....πŸ™πŸΎπŸ™πŸΎπŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ