Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Pesta Pemberkatan Gereja Basilik Lateran

Bacaan-2 hari ini:
Yeh. 47:1-2.8-9.; 1 Kor.3:9b-11.16-17.
Yoh.2:13-22.

Hari ini Gereja Katolik merayakan Pesta Pemberkatan Gereja Basilik Lateran.
Dengan bacaan-2 hari ini, kita Pemimpin umat dan Pelayan Tuhan, ingin disadarkan, bahwa kita hendaknya senantiasa hidup suci, kudus di hadapan Tuhan setiap hari. Bacaan di Kitab Yehezkiel, Bait Allah adalah tempat kehahadiran Allah, di situlah sumber air hidup, yang terus mengalir dan menghidupi umat Allah.
Paulus menulis di suratnya ke umat di Korintus menulis : Kamu adalah ladang Allah, bangunan Allah. Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu ?
Di Injil Yohanes diceritakan, Yesus mengusir pedagang-2 di kenisah, meja di jungkir balikkan, Uang dihamburkan. DIA TIDAK RELA RUMAH ALLAH DIKOTORI MENJADI TEMPAT BERJUALAN.
Ada tertulis : CINTA AKAN RUMAH-MU MENGOBARKAN HATI-KU.

Hari ini kita bisa menyimpulkan sendiri, betapa pentingnya kita Pemimpin umat dan pelayan Tuhan harus hidup suci dan kudus di hadapan Tuhan. Kristus adalah batu penjuru, di dalam Dia tumbuh seluruh bangunan, rapi tersusun, menjadi bait Allah yang Kudus, di dalam Tuhan (Ef.2:21).
Maka Yesus pasti juga tidak rela, bila kita sebagai Pemimpin umat dan pelayan Tuhan masih bermentalkan pedagang, yang masih punya motivasi cari untung, padahal misi Yesus adalah Kasih yang berkorban untuk Menyelamatkan umat manusia.
Paulus juga menegaskan "Tubuhku adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kami peroleh dari Allah ; dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri (1 Kor.6: 19).

"Maka persembahkanlah tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang Kudus, dan yang berkenan kepada Allah : itu adalah ibadahmu yang sejati (Rm.12:1).

Dengan pedoman Sabda Tuhan hari ini, kita akan memancarkan Terang Kristus di dalam kehidupan kita masing-masing dan juga umat di sekitar kita. Karya Keselamatan Kristus akan menyebar kemana-mana mengalahkan dunia ini.

DOA:
Ya Tuhan Yesus ku, luruskan motivasi pelayanan kami, agar hidup kami, tubuh jiwa raga kami ini selalu Kau jagai suci, kudus di hadapan Mu. Tubuh kami bukan milik kami sendiri, melainkan sudah milikMu ya Tuhan. Kami mau merawat tubuh dan jiwa kami ini sebagai persembahan hidup yang berkenan kepada Mu. Engkaulah Yang Kudus, yang menyertai kami, kini dan sepanjang segala masa...Amin...πŸ™πŸΎπŸ™πŸΎπŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ