Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Senin, 6 Nop 2017
Bacaan-2 hari ini: Rm.11:29-36 & Luk.14:12-14.

Orang Farisi dan Ahli Taurat juga punya kelompok-2 nya sendiri, kita pun pemuka umat dan pelayan Tuhan juga punya kelompok sendiri, itu semua wajar. Dalam pembentukan kelompok-2 ini dasarnya adalah untuk berelasi baik yang bersesuaian kepentingan kelompok ini. Contoh : kelompok pemungut cukai, kelompok Ahli Taurat, kelompok asisten Imam, Kelompok Guru SD, dll. Semua itu baik dan wajar.

Paulus di suratnya kepada umat di Roma 11:33 menulis : "Sungguh tak terselidiki keputusan-Nya, dan sungguh tak terselami jalan-jalan-Nya"
Dengan menghubungkan kenyataan hidup ini, maka Yesus mengajar kita lewat Injil hari ini Luk.14:12-14, diperjamuan para Farisi ini Yesus justru memberikan penyataan yang kontras: undanglah orang miskin, orang cacat, orang lumpuh dan buta. Kehadiran Yesus di kelompok orang Farisi ini, bahwa Tuhan sungguh mau menunjukkan ke-berpihakan Tuhan pada orang yang terkucil, tersingkir, di mana orang sudah tidak mempedulikan kehidupan orang-2 kecil ini. Di lain pihak, kita hendaknya mengerti dan paham, bahwa di semua kelompok yang orang bentuk, Tuhan selalu mau hadir di situ, Dia selalu memperhatikan kelompok ini masing-2.

Bila kelompok ini sudah mulai tidak di dalam rel, jalan Tuhan untuk keselamatan banyak orang, Tuhan pasti marah dan tidak berkenan. Orang mulai bertindak sombong, diskriminatif, bahkan yang lebih parah, sombong rohani, sok saleh, sok suci, sok pinter dll.sungguh Tuhan sangat tidak berkenan.
Misi Yesus datang ke dunia, sejak Dia lahir, sudah menunjukkan keberpihakan pada orang kecil, miskin, papa, cacat terkucil, tersingkir.

Gereja yang di kepalai oleh Yesus, sepanjang zaman, misinya tetap aktual dan tetap relevan tentang hak ini. GEREJA KATOLIK ADALAH GEREJA KAUM MISKIN.
Sepanjang jaman, dunia makin maju, zaman terus berubah, tetapi jurang lebar antara kaum kaya dan kaum miskin tetap menganga, dan itu suatu realita nyata!

Di-tengah2 realita ini Yesus tetap hadir, Gereja Katolik tetap hadir. Umat Allah juga harus tetap hadir untuk menjalankan misi Allah dengan tulus ikhlas, rendah hati, sungguh hati, penuh belas kasih, dalam kuasa Roh Kudus
Inilah pemimpin umat sejati. Inilah pelayan Tuhan yang sejati !

DOA:
Ya Tuhan Yesus ku, di sekitar kami, banyak orang renta, hidup berkekurangan, sakit, tua, tak dipedulikan oleh keluarganya, mampukan kami untuk bisa melayani orang-2 ini, agar Roh Kudus Mu memampukan kami berikhtiar membentuk kelompok pelayanan yang seperti ini. Semua usaha pelayanan ini adalah untuk mengagungkan Engkau demi Kemuliaan Nama Mu Yang Tinggi, kini dan sepanjang masa. AMIN....πŸ™πŸΎπŸ™πŸΎπŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ