Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Sabtu, 4 Nov.2017.
PESTA ST. KAROLUS BARROMEUS.
Bacaan-2 hari ini :
Rm.11:1-2a.11-12.25-29. ; Luk.14:1.7-11.

Hari ini sekali lagi Yesus ingin menegaskan, bahwa " Allah tidak menyesali kasih karunia dan panggilanNya, Allah tidak menolak umatNya yang dipilihNya ( Rm.11: 29.2a).

Kita sudah tahu betapa munafiknya orang Farisi dan Ahli Taurat yang menguasai bangga Israel, yang sebenarnya bangsa pilihan Allah/kekasih Allah, tetapi Allah tetap konsisten akan janji-janjiNya, janji Keselamatan. Dari Sion akan datang Penebusan untuk menghapuskan dosa umat manusia, martabat manusia dimuliakan, dalam Kristus manusia menjadi ciptaan baru. Semua itu adalah berkat kasih karunia Allah, bukan karena jasa dan usaha manusia. Maka sesungguhnya, kita sebagai murid Yesus, orang pilihan Yesus, kekasih Yesus, sungguh tidak pantas, jika memaknai Kasih Karunia Allah ini untuk mencari kehormatan diri sendiri, membanggakan diri sendiri. Itu semua kehormatan yang kosong, kebanggaan yang hampa.

Kasih Karunia Allah sebenarnya bisa mendorong kita untuk mewujudkan iman yang lebih dalam dan kuat, dalam perilaku hidup, sikap perkataan dan perbuatan nyata demi Kemuliaan Allah, dan Keselamat serta kesejahteraan sesama manusia di sekitar kita.
Yesus menegaskan dalam Injil hari ini " Barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan, dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan(Luk 14:11).

Sebagai murid Yesus yang ingin melaksanakan Sabda Allah : "Mengasihi Tuhan dan Mengasihi Sesama", mari ini menutup tema seminggu ini dengan komitment kuat :
Rendah hati dalam sikap hidup sehari-hari.
Mengutamakan kemanusiaan yang menderita.
Tidak mencari kepopuleran diri dalam pelayanan.
Berusaha kudus setiap hari di hadapan Tuhan.
Memahami Kasih itu tidak akan hilang musnah, malah menjadikan kehidupan yang baru.

Sebagai contoh hidup, St. Karolus Barromeus, yang sering dijadikan pelindung rumah sakit, dia sejak muda sungguh memiliki kepedulian akan kemanusiaan pada orang yang sakit, orang papa, miskin, hina. Dengan kerendahan hati berani mereformasi gereja, tekun dan giat dalam konsili Trente. Santo KAROLUS doakanlah kami.

DOA:
Ya Tuhan Yesus ku, teguhkanlah komitmen kami dalam mengasihi sesama kami yang menderita, dengan mengasihi Engkau dengan segenap hati, dengan segenap jiwa dan segenap kekuatan kami, agar Kasih Mu yang sudah Kau tanamkan dalam diri kami terus tetap berkobar-kobar, membakar sesama kami, sehingga setiap hari banyak orang memperoleh Keselamatan didalam Kristus Tuhan Juru SELAMAT kami...Amin...πŸ™πŸΎπŸ™πŸΎπŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ