Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Kamis, 2 Nop.2017.
PERINGATAN ARWAH SEMUA ORANG BERIMAN.
Bacaan-2 hari ini :
2 Mak.12: 43-46. ; Maz.130:1-8. ; 1 Kor.15:12-34. ; Yoh.6: 37-40.

Kemarin Yesus mengingatkan kita untuk setiap hari menjaga diri untuk hidup kudus di hadapan Tuhan. Hari ini dengan Peringatan Arwah Semua Orang Beriman, kita diajar oleh Yesus untuk terus MENGASIHI TUHAN DAN MENGASIHI SESAMA.
Kasih Allah memang abadi. Sebagai orang beriman kita hendaknya menghayati, ketika orang yang kita kasihi sudah meninggal, kasih itu tidak hilang, kasih itu tetap menyatu, tidak musnah.

Sejak kecil saya tahu dan merasakan bahwa papi saya sangat mencintai saya. Wujud cintanya kadang keras ketika saya melakukan kesalahan dengan mencambuk kaki saya dengan rotan, kadang dia merangkul dengan hangat ketika berjalan bersama, kadang meninju lengan saya ketika bergurau, apalagi ketika saya sakit, dengan tubuhnya yang kurus dia menggendong saya sampai ujung gang diatas becak.Saya masih ingat dengan jelas semua itu, meski dia sudah meninggal 25 th yang lalu. Apalagi kasih mami yang baru 12 th yang lalu meninggalkan saya, dia pendoa yang saleh, yang selalu menyebut nama anaknya satu persatu dalam doanya....wah...saya bisa menangis bila ingat kasihnya yang luar biasaπŸ˜ͺπŸ˜ͺ. Sambil menangis saya saya ingat kata-2 Yesus yang sangat mencintai saya :" Semua yang diberikan Bapa kepadaKu akan datang kepadaKu, dan barang siapa datang kepadaKu tidak akan Kubuang!". "Supaya dari semua yang telah diberikanNya kepadaKu jangan ada yang hilang, tetapi supaya Dibangkitkan pada akhir zaman."

Di bacaan I, di Kitab Makabe, Yudas Makabe mengirim 2 ribu dirham perak untuk persembahan ke Yerusalem bagi orang-2 yang gugur dalam pertempuran untuk mengadakan korban penebusan salah agar dilepaskan dari dosa mereka. Juga Paulus menulis harapan dan iman Kristiani akan hidup kekal bertumpu pada misteri wafat dan Kebangkitan Kristus. Yesus Kristus adalah buah sulung kebangkitan, sesudah itu mereka yang menjadi milikNya pada waktu kedatangan-Nya.
Sebagai orang beriman, janganlah kita berkata : yaahh..orang mati, ya mati...sudah finis, selesai..untuk apalagi kita mendoakan mereka ?

Firman hari ini mengajar kita, hidup kita tidak akan hilang setelah kematian kita. Hidup manusia hanyalah diubah, bukan dilenyapkan atau dibinasakan ! Ingat yang ditulis kitab Wahyu : langit yang baru dan bumi yang baru ! Rumah kediaman buatan tangan manusia akan dibongkar, dan Allah sendiri yang menyediakan suatu kediaman kekal bagi kita. Dialah Alfa dan Omega, Yang Awal dan Yang Akhir.

Gereja Katolik memberi perhatian khusus kepada arwah semua orang beriman selama bulan November ini, karena Gereja percaya : Ada hidup sesudah hidup ini. Mendoakan orang mati adalah perbuatan baik dalam Mengasihi sesama, yang berlandaskan Sabda Kebenaran Yesus :" Akulah kebangkitan dan hidup ; barangsiapa percaya kepada Ku, ia akan hidup dan tak akan mati selamanya."(Yoh 11:25-26).

Mari kita berdoa bagi orang-orang yang kita kasihi, agar Kasih Yesus menghapuskan dosa-dosa yang tersisa, supaya mereka disucikan dalam kekudusan Yesus dan dibawa ke hadapan tahta Bapa Yang Maha Kudus untuk menikmati perjamuan Anak Domba yang Kudus.

DOA:
Ya Tuhan Yesus ku, ketika dalam misa kudus Imam berdoa untuk arwah orang beriman, kami juga sungguh percaya akan kehidupan kekal bagi orang-2 yang kami cintai yang sudah meninggal. Cinta Mu sangat membahagiakan kami, Engkau membahagiakan kami ketika kami masih hidup di dunia ini, Engkau juga tetap membahagiakan kami nanti ketika kami sudah meninggalkan dunia ini, dan terus hidup bersama dengan Engkau dalam keabadian kekal. Terima kasih ya Tuhan Yesus ku....Amin...πŸ™πŸΎπŸ™πŸΎπŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ