Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Senin tgl 30 Oktober 2017.
Bacaan-2 hari ini:
Rm.8: 12-17. ; Luk.13: 10-17

"Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati ; tetapi jika oleh Roh, kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhku, kamu akan hidup. Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah.(Rm.8:13-14)".

Tulisan Paulus ini membuat kita mengerti, mengapa Yesus mengutamakan martabat manusia, karena pribadi manusia ada "rupa dan gambar" Allah. Maka bacaan Injil Lukas 13: 10-17 Yesus menyembuhkan wanita sudah 18 tahun dirasuki roh jahat sampai bungkuk pinggangnya dan tidak bisa berdiri tegak, pada hari sabat. Kepala rumah ibadat gusar tentang hal itu. Yesus menjawab : "Hai orang-orang munafik, bukankah kalian semua melepaskan lembu dan keledaimu pada hari Sabat dan membawanya ke tempat minum ? Nah, wanita ini sudah 18 tahun diikat oleh iblis. Bukankah dia harus dilepaskan dari ikatannya itu karena dia keturunan Abraham ?"

Yesus melihat ada kerancuan antara hukum Mengasihi Tuhan Allah dengan hukum Mengasihi sesama. Dengan mentaati aturan hari Sabat, orang mengira Mengasihi Tuhan harus diutamakan dahulu, padahal Yesus ingin menunjukkan, Dia lebih mengutamakan manusia. Yesus sebagai Allah Putra mau menjadi teladan bagaimana mengasihi manusia yang sungguh mendambakan kehidupan baru.

Banyak orang mudah terjerumus oleh aturan-aturan agama (hari sabat), dengan berkutat di dalam aturan, sehingga mendewakan aturan-2 itu. Sesungguhnya aturan-2 Sabat menjadi berhala baru. Walaupun berdasarkan firman Tuhan, hukum datang sesudah manusia, dan untuk melayani kemanusiaan. Hakekat manusia lebih penting.

Yesus menunjukkan: Jika harus memilih antara taat kepada hukum dan menolong manusia dalam kesulitan, pilihan kedua yang harus diambil, menolong manusia dalam kesulitan.

Ada banyak orang Kristiani masih terbelenggu oleh aturan-2, seakan keselamatan sepenuhnya bergantung pada aturan. Hukum/aturan itu menghantar orang kepada penghayatan iman yang benar, menunjukkan kasih, mewujudkan pertobatan dan pengampunan, sehingga orang beriman saling mendukung menuju keselamatan di dalam Nama Kristus.

DOA:
Ya Tuhan Yesus ku, sebagai Allah Putera yang menjadi manusia, Engkau sungguh solider pada kami manusia lemah, yang tak berdaya, miskin, sakit, hina dan terkucilkan. Bantulah kami, dengan pertolongan Rahmat Mu, agar para pejabat yang membuat hukum dan aturan, sungguh lebih mementingkan kemanusiaan dalam keadilan untuk menuju kepada kehidupan yang damai sejahtera....Amin...πŸ™πŸΎπŸ™πŸΎπŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ

Β